DetikNews
Selasa 15 Agustus 2017, 11:48 WIB

Hore! Kereta Bandara Soekarno-Hatta Tiba di Stasiun Manggarai

Samsdhuha Wildansyah - detikNews
Hore! Kereta Bandara Soekarno-Hatta Tiba di Stasiun Manggarai Kereta Bandara Soekarno-Hatta (Samsdhuha Wildansyah/detikcom)
Jakarta - Satu rangkaian kereta Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) sudah tiba di Stasiun Manggarai. Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Edi Sukmoro memamerkan rangkaian kereta itu.

"Semalam baru datang satu rangkai," kata Edi di Auditorium Balai Yasa Manggarai, Jakarta, Selasa (15/8/2017).

Bagian depan kereta Bandara Soekarno-HattaBagian depan kereta Bandara Soekarno-Hatta (Ardan Adhi Chandra/detikcom)

Baca juga: Sempat Molor, Kereta Bandara Soetta Ditarget Beroperasi September

Kereta bandara itu pun masih ditutupi terpal berwarna biru. Beberapa petugas kemudian membantu membuka penutup tersebut.

Wartawan kemudian diajak masuk ke salah satu gerbong kereta. Beberapa petugas kemudian membuka pintu kereta itu secara manual.

Interior dalam kereta Bandara Soekarno-Hatta Bagian interior kereta Bandara Soekarno-Hatta (Samsdhuha Wildansyah/detikcom)
Baca juga: Kereta Bandara Soetta Berangkat dari Stasiun Manggarai

Kepala kereta bandara itu berwarna putih, sedangkan bagian interior berwarna abu-abu. Ada dua monitor yang digantung di sudut membelakangi kursi penumpang.

Terdapat logo PT Industri Kereta Api (INKA) di bagian atas pintu masuk dan logo PT Railink sebagai operator kereta Bandara Soetta. Kursi untuk penumpang juga terasa empuk dan nyaman.

Monitor dalam kereta Bandara Soekarno-HattaMonitor dalam kereta Bandara Soekarno-Hatta (Samsdhuha Wildansyah/detikcom)

Selain Edi, dalam kesempatan itu hadir Direktur Komersial Bambang Eko Martono, Direktur Operasional Slamet Suseno, Direktur SDM Apriyono, Direktur Sarana Asahari, Direktur Logistik Budi Novi, Kepala Daop I Yusren, dan Direktur PT Railink Heru Kuswanto,

Sebelumnya diberitakan, kereta bandara itu ditargetkan beroperasi pada September 2017. Jadwal itu mundur dari rencana semula, yaitu Agustus 2017.

Seperti diketahui, dari Stasiun Batu Ceper menuju Stasiun Bandara akan digunakan jalur kereta baru sepanjang 12,1 km. Sedangkan sisanya adalah jalur existing dari Stasiun Manggarai hingga Stasiun Batu Ceper. Operator kereta Bandara Soetta adalah PT Railink, anak usaha PT KAI, dan pembangunnya bekerja sama dengan PT Angkasa Pura II (Persero).
(ams/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed