DetikNews
Sabtu 12 Agustus 2017, 03:05 WIB

KPK Sarankan Polri Periksa Novel Sebelum Operasi Besar Pekan Depan

Nur Indah Fatmawati - detikNews
KPK Sarankan Polri Periksa Novel Sebelum Operasi Besar Pekan Depan Novel Baswedan saat Blak-blakan dengan detikcom. (Dhani Irawan/detikcom)
Jakarta - KPK memastikan penyidik senior KPK Novel Baswedan akan menjalani operasi besar pada mata kirinya. Operasi ini rencananya dilakukan pekan depan.

"Informasi yang telah kita terima, setelah dilakukan pengecekan oleh pihak dokter, direncanakan operasi besar mata kiri akan dilakukan pada Kamis, 17 Agustus 2017," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (11/8/2017).

Operasi akan dilakukan dua tahap. Terkait persiapan operasi yang diperkirakan akan menghambat pemeriksaan, KPK menyarankan pemeriksaan Novel yang rencananya dilakukan Polri dilakukan dalam kurun waktu sepekan ini.

"Sebelum operasi, Novel diharuskan istirahat dan melakukan sejumlah persiapan. Dan tentu saja karena ada bagian gusi yang diambil, akan ada beberapa hambatan-hambatan yang terjadi ketika selesai operasi. Sehingga kalau dikaitkan dengan kebutuhan pemeriksaan, waktu yang tepat untuk dilakukan pemeriksaan adalah sebelum operasi, sebelum jadwal istirahat yang disampaikan oleh dokter," tutur Febri.

Sementara itu, mengenai operasi Novel, akan dilakukan penanaman jaringan gusi dan pipi di mata kiri sebagai tahap pertama. Perkembangan mata Novel akan dipantau selama 2 bulan pascaoperasi, baru kemudian jaringan tersebut dilepas. Hasilnya akan dipantau kembali selama 2 pekan berikutnya.

"Jadi perawatan pascaoperasi akan butuh waktu yang cukup panjang," terang Febri lagi.

Tak hanya itu, perawatannya pun lumayan rumit. Pekan pertama setelah operasi, mata akan ditutup dengan plastik dan harus menghindari lingkungan berdebu atau keramaian. Bahkan tidak boleh terkena air selama satu bulan.
(nif/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed