DetikNews
Senin 07 Agustus 2017, 15:26 WIB

Kampus Ini Siapkan Beasiswa Rp 65 M Bagi Lulusan SMA/SMK

Handy Nursatyo - detikNews
Kampus Ini Siapkan Beasiswa Rp 65 M Bagi Lulusan SMA/SMK Foto: Dok President University
Jakarta - Ingin mendapatkan kualitas pendidikan maksimal dengan biaya minimal atau bahkan gratis? Beasiswa adalah satu-satunya jawaban dari pertanyaan tersebut. Sampai sekarang, beasiswa dianggap mampu menarik perhatian masyarakat Indonesia guna melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.

Dari sekian banyak beasiswa dalam negeri maupun luar negeri, President University menggelontorkan dana besar untuk para lulusan SMA/SMK. President University menyiapkan dana Rp 65 miliar bagi siswa/siswi terpilih untuk melanjutkan pendidikan di President University.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni President University, Dr. Agus H. Canny, M.A., M.Sc. mengatakan bahwa setiap tahunnya President University menyediakan beasiswa senilai Rp 65 miliar kepada 1.400 lulusan SMA/SMK. Pada tahun ini, penerima beasiswa tersebut berasal dari peringkat 10 besar di sekolah asalnya.

"Jika diprosentasekan dari sisi gender untuk perempuan sebanyak 42% dan laki-laki sebesar 58%. Sementara dari asal sekolahnya, sebanyak 51% dari sekolah negeri, 23% dari sekolah internasional dan 26% dari sekolah swasta," ujar Dr Agus dalam keterangan tertulis, Senin (7/8/2017).

 Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni President University, Dr. Agus H. Canny Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni President University, Dr. Agus H. Canny Foto: Dok President University

Penerimaan mahasiswa baru pada tahun akademik 2017/2018 diselenggarakan pada 5 dan 6 Agustus 2017. Ketua panitia pendaftaran ulang mahasiswa baru, Dr. Eng. Lydia Anggraini, S.T., M.Eng. menyampaikan bahwa seluruh calon mahasiswa yang sudah melakukan registrasi, baik dari penerima beasiswa maupun yang mendapat ranking sesuai dengan nilai placement test sudah dapat masuk dan tinggal di Asrama Mahasiswa yang biasa disebut President University Student House [PUSH].

Kemudian seluruh mahasiswa baru akan mengikuti Pre-University Bridging Program 2017 yang diselenggarakan selama tiga minggu ke depan, dimulai dengan Psikotest, TOEIC Test [Test of English for International Communication], English preparation dan Reflection Core Values.

Selama proses ini, seluruh mahasiswa baru akan ditempa belajar 'Full Bahasa Inggris' dengan baik dan benar agar seluruh mahasiswa dapat mengikuti perkuliahan dengan lancar.

Selain penggunaan Bahasa Inggris sebagai pengantar dalam perkuliahan, President University juga menerapkan sistem pembelajaran yang didasarkan pada pendidikan karakter. Di samping itu, para dosen President University selalu menciptakan suasana kompetisi dalam ruang kelas.

Hasil dari penerapan sistem tersebut adalah 82% mahasiswa penerima beasiswa memiliki Grade Point Average (GPA) minimal 3,5 atau cum laude. Dr Agus juga menambahkan bahwa pada tahun ini sebanyak 96% mahasiswa lulus dalam waktu rata-rata 3,5 tahun. Dalam kurun waktu 3 tahun terakhir ini khusus Jurusan Hukum rata-rata 4 dari 10 mahasiswa yang lulus dengan predikat cum laude.

Untuk lulusan tahun 2016, sebanyak 93% sudah diterima kerja sebelum mereka diwisuda. Sebanyak 74% yang mendapat tawaran kerja dari 2 hingga 3 perusahaan baik nasional maupun multinasional.
(ega/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed