DetikNews
Senin 20 Maret 2017, 12:01 WIB

Melihat Underpass Stasiun Manggarai yang Ramai Jadi Perbincangan

Akhmad Mustaqim - detikNews
Melihat Underpass Stasiun Manggarai yang Ramai Jadi Perbincangan Foto: Akhmad Mustaqim/detikcom
Jakarta - Suasana Stasiun Manggarai pagi ini hiruk-pikuk oleh para penumpang Commuter Line Jabodetabek. Biasanya penumpang yang ingin menyeberang antarperon harus bersabar menunggu ketika ada kereta berhenti.

Kini pemandangan itu telah berganti sejak underpass Stasiun Manggarai rampung dibangun. Penumpang yang akan menuju peron sesuai dengan tujuan Commuter Line bisa melewati underpass tanpa perlu menunggu kereta yang tengah berhenti. Underpass di Manggarai ini sempat ramai dibicarakan di media sosial, terutama di Facebook.




detikcom
mencoba langsung bagaimana rasanya melewati underpass di Stasiun Manggarai. Jam menunjukkan pukul 09.56 WIB. Begitu banyak penumpang yang akan menggunakan Commuter Line ataupun berganti peron.

Penumpang berjalan melewati underpass di Stasiun Manggarai.Penumpang berjalan melewati underpass di Stasiun Manggarai. (Akhmad Mustaqim/detikcom)

Di setiap peron terdapat tangga underpass yang menghubungkan satu sama lain. detikcom masuk melalui underpass yang terdapat di peron 1. Begitu menuruni anak tangga, terlihat ada papan informasi yang menampilkan tujuan kereta di setiap peron.


Papan informasi di underpass Stasiun Manggarai. Papan informasi di underpass Stasiun Manggarai. (Akhmad Mustaqim/detikcom)


Peron 1 dan 2 untuk Commuter Line dengan tujuan Bekasi dan Jakarta Kota. Sedangkan peron 3, 4, 5, dan 6 untuk Commuter Line tujuan Bekasi, Tanah Abang, Duri, Depok, dan Bogor. Pada papan informasi juga terdapat penunjuk arah bagi penumpang.

Saat masuk, penampilan underpass memang masih terlihat baru. Ada beberapa bagian yang masih dalam pembangunan. Kondisi udara terasa pengap. Dalam pantauan detikcom, ada 8 kipas angin yang dipasang di dalam peron.


Penumpang menyusuri anak tangga di underpass Stasiun Manggarai. Penumpang menyusuri anak tangga di underpass Stasiun Manggarai. (Akhmad Mustaqim/detikcom)

Selain itu, di setiap sudut underpass dipasang loudspeaker untuk memberikan informasi kepada penumpang. Di beberapa sudut, sudah ada pembangunan sebagai tempat eskalator. Namun belum terpasang. Ada 2 petugas yang tengah membersihkan bagian di dalam underpass.


Tempat untuk eskalator. Tempat untuk eskalator. (Akhmad Mustaqim/detikcom)


Sambil berjalan, detikcom mewawancarai penumpang yang melewati underpass. Salah satunya Silvia, yang merupakan mahasiswa perguruan tinggi. Dia mengatakan menyeberangi peron lewat underpass lebih memudahkannya. Kendati begitu, Sylvia menilai masih ada beberapa kekurangan.

"Menggunakan jalur kereta bawah tenang lebih cepat. Kalau lewat atas lama. Harapan ke depannya ada musala, toilet, dan eskalator," kata Sylvia.

Tak hanya anak muda yang mengungkapkan kemudahan menggunakan underpass Stasiun Manggarai. Rasmin (65), mengatakan underpass membantunya menyeberangi peron dengan lebih aman.

"Bagus ini. Jadi lebih cepat. Saya juga nggak capek kok. Daripada nyeberang lewat atas, ngeri. Cuma nanti kalau bisa ada perhatian buat orang tua, ibu hamil, atau orang yang bawa barang banyak," ujar Rasmin.

Selain di Manggarai, 7 underpass di 7 stasiun lainnya juga dibangun untuk mempermudah penumpang menyeberangi antarperon.

Tujuh stasiun tersebut antara lain Stasiun Tebet, Stasiun Cilebut, Stasiun Citayam, Stasiun Bojonggede, Stasiun Sudimara, dan Stasiun Pondok Ranji. Stasiun-stasiun tersebut diprioritaskan karena dianggap memiliki pertumbuhan jumlah penumpang yang tinggi.
(nkn/fjp)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed