DetikNews
Jumat 17 Mar 2017, 04:36 WIB

Kapal Caledonian Sky Sudah 4 Kali Melintasi Raja Ampat

Ray Jordan - detikNews
Kapal Caledonian Sky Sudah 4 Kali Melintasi Raja Ampat Foto: dok Basarnas Sorong
Sorong - Kapal pesiar MV Caledonian Sky kandas dan merusak terumbu karang di perairan dangkal Raja Ampat, Papua Barat. Diketahui, kapal ini sudah berkali-kali masuk ke perairan Raja Ampat.

Dirjen Pengendalian Kerusakan dan Pencemaran Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Karliansyah mengatakan, dirinya menerima laporan dari Kepala Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Sorong, Jhonny Rumbu Silalahi bahwa kala MV Caledonian Sky sudah empat kali masuk ke perairan Raja Ampat.

"Kepala Syahbandar mengatakan, ini sebenarnya sudah yang keempat kali kapal ini ke sini," kata Karliansyah saat berbincang di atas kapal navigasi KN Kofiau yang berlabuh di perairan Raja Ampat, Papua Barat, Kamis (16/3/2017).

Dikatakan Karliansyah, tiga kali kedatangan sebelumnya, kapal tersebut berlayar sesuai aturan dan tak membuat kerusakan. Namun, dalam kunjungan yang keempat ini, kapal tersebut merusak terumbu karang di perairan wisata dunia itu. Untuk diketahui, selama kunjungannya ke Raja Ampat, Indonesia ini, kapal MV Caledonian Sky itu dinakhodai oleh orang yang berbeda-beda.

"Nah, yang terakhir ini kalau dilihat rutenya, dia menyimpang setengah mil dari titik yang diberikan. Jadi ini human error," katanya.

Dikatakan Karliansyah, setelah kejadian kandasnya kapal pesiar tersebut, otoritas dari Pemkab Raja Ampat langsung bekomunikasi dengan pihak kapal. Pihak kapal pun berjanji akan bertanggung jawab.

"Dari pengakuan Kepala Syahbandar (Kepala Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Kota Sorong, Jhonny Rumbu Silalahi), sebelum mereka (MV Caledonian Sky) berangkat, mereka membuat berita acara. Mereka bersedia mengganti, artinya kita dimungkinkan melakukan penuntutan secara Perdata. Bisa di pengadilan, bisa di luar pengadilan," jelas Karliansyah.


(jor/bag)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed