DetikNews
Rabu 08 Maret 2017, 07:43 WIB

4 Perlintasan KA di DKI akan Ditutup, Ini Jalan Alternatifnya

Bartanius Dony - detikNews
4 Perlintasan KA di DKI akan Ditutup, Ini Jalan Alternatifnya Perlintasan di TB Simatupang (Cici/detikcom)
Jakarta - Pemerintah akan menutup empat perlintasan kereta api sebidang di wilayah DKI Jakarta mulai Mei 2017. Untuk itu, ada rute alternatif yang bisa dilalui oleh pengguna jalan raya.

Empat perlintasan sebidang yang ditutup itu adalah perlintasan Jalan Pejompongan I, perlintasan Pasar Minggu, perlintasan TB Simatupang, dan perlintasan Pondok Kopi atau Penggilingan.

Lalu, bagaimana jalan alternatif bagi Anda yang biasa melewati perlintasan tersebut?

Yang pertama, untuk perlintasan di Jl Pejompongan yang ditutup, pengguna jalan yang datang dari arah Jl Tentara Pelajar atau Palmerah yang akan berputar balik dan mengarah ke Jl Tentara Pelajar/Permata Hijau bisa berputar di arah Jl Penjernihan, sebelum SPBU.

Kedua, untuk perlintasan di Pasar Minggu, pengguna jalan yang berasal dari arah Jl Kalibata dan akan menuju Pasar Rebo bisa turun melalui underpass menuju Jl Tanjung Barat Raya.

4 Perlintasan KA di DKI Akan Ditutup, Ini Jalan AlternatifnyaSurat pemberitahuan uji coba penutupan perlintasan KA di TB Simatupang (Foto: detikcom/Istimewa)


Ketiga, pengguna jalan raya yang datang dari arah Depok menuju Pasar Rebo bisa berputar di depan supermarket Robinson Pasar Minggu, lalu turun melalui underpass. Atau bisa juga berputar di depan Kementerian Pertanian kemudian naik flyover menuju Pasar Rebo.

Keempat, untuk perlintasan Pondok Kopi atau Penggilingan, pengguna jalan raya yang datang dari arah Jl I Gusti Ngurah Rai atau Cakung menuju Jl Raya Penggilingan dan Jl Sumarno bisa memutar arah di depan Stasiun Buaran, lalu naik ke flyover.

Untuk pengguna jalan dari arah Jl Raya Penggilingan dan Jl Sumarno menuju Jalan Tol Lingkar Luar atau menuju arah timur, silakan naik ke flyover dan memutar arah di depan Stasiun Buaran dan melalui Jl I Gusti Ngurah Rai. Kemudian pengguna jalan yang datang dari arah Jatinegara menuju Jl Raya Penggilingan dan Jl Sumarno silakan melalui flyover.

Sebelum akan ditutup permanen, pemerintah akan melakukan uji coba penutupan mulai April 2017. "Sebelum perlintasan sebidang tersebut ditutup, pemerintah akan mengadakan uji coba penutupan terlebih dahulu. Uji coba ini akan berlangsung selama satu bulan April 2017," ujar Direktur Jenderal Perkeretaapian Prasetyo Boeditjahjo, dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Rabu (8/3/2017).

Menurut Prasetyo, penutupan ini guna meningkatkan keselamatan, ketertiban, dan kelancaran perjalanan kereta api serta masyarakat pengguna jalan raya.
(brt/nkn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed