DetikNews
Rabu 07 Desember 2016, 16:05 WIB

Polri akan Gunakan Rekaman Audio Selidiki Penyebab Pesawat Jatuh di Kepri

Idham Kholid - detikNews
Polri akan Gunakan Rekaman Audio Selidiki Penyebab Pesawat Jatuh di Kepri Foto: Kombes Rikwanto/ Idham detikcom
Jakarta - Penyebab jatuhnya pesawat Skytruck milik Polri di perairan Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau, masih diselidiki. Polri akan menggunakan rekaman dari lingkungan sekitar untuk menelusuri penyebab jatuhnya pesawat tersebut.

"Kebanyakan pesawat seperti itu tidak ada black box ya kan kecil. Jadi, kami banyak menggunakan rekaman audio dan visual dari lingkungan sekitar termasuk visual dari radar yang mengawasi mereka," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Kombes Rikwanto di Mabes Polri Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (7/12/2016).

Rikwanto menambahkan rekaman audio itu seperti dari pengawas lalu lintas udara yang ada di Jakarta, Batam, maupun Singapura. Menurut Rikwanto, tidak ada ledakan terjadi sebelum pesawat itu jatuh.

"Kalau menurut penglihatan nelayan itu dari atas sudah menukik sehingga menghujam ke laut. Air laut itu meskipun air, dalam kecepatan tertentu dihujamkan benda keras itu sama saja seperti lantai, itu sama kayak kena batu, tidak lembut, saat kena itu ada kompresi tentunya," ujarnya.

Polri sebelumnya mengatakan pesawat yang jatuh di perairan Lingga dalam kondisi yang baik saat terbang. Pihaknya masih menunggu kotak hitam ditemukan untuk mengungkap penyebab jatuhnya pesawat yang mengangkut 13 orang polisi.

"Itu kondisi bagus saat mau terbang dari Pangkal Pinang itu kondisi cukup baik maka 11 penumpang kemudian berangkat ke Kepri perjalanan sekitar dua jam, sehingga mereka pastikan kendaraan layak dan siap terbang," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul, Selasa (6/12).
(idh/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed