2 Pekerja Jalan Trans Papua Asal Bandung Tewas Misterius di Gunung Albu

Dana Aditiasari - detikNews
Kamis, 08 Sep 2016 17:12 WIB
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Jakarta - 2 Pekerja jalan Trans Papua asal Bandung Dian Kusuma (41) dan Ade Suhanda (25) ditemukan tak bernyawa. Penyebab kematian dua orang ini misterius tak diketahui.

Keterangan dari Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Endra Atmawidjaja, Kamis (8/9/2016), keduanya ditemukan tewas di perbatasan antara Distrik Mugi dan Distrik Mapenduma tepatnya di gunung Albu. Keduanya merupakan pekerja Konsultan yang berasal dari Bandung, Jawa Barat.

"Kementerian PUPR menyampaikan belasungkawa kepada pihak keluarga. Meskipun keduanya bukan pegawai Kementerian PUPR, mereka juga mitra kerja dari Balai Pelaksanaan Jalan Kementerian PUPR dalam mewujudkan konektivitas di Papua," jelas Endra.

Berdasarkan informasi dari pihak kepolisian diketahui bahwa keduanya bersama empat rekannya tiba di Jayapura pada 6 Agustus 2016, selanjutnya pada 12 Agustus dari Jayapura melanjutkan perjalanan ke Wamena. Pada 22 Agustus 2016, Ade Suhanda dan Dian Kusuma berangkat menuju Mugi menggunakan pesawat Ama Air, kedua orang tersebut melaksanakan pengukuran jalan untuk peningkatan jalan Trans Papua dari Distrik Mugi-Paro sepanjang sekitar 30 km.

Puncak Albu, yang terletak di perbatasan Distrik Mugi dan Distrik Mapenduma tidak memiliki jaringan telepon di daerah. Perusahaan pun mengakui bahwa belum mendapatkan informasi dari kedua korban selama tiga minggu terakhir, dan seharusnya pengukuran jalan tersebut sudah selesai dilaksanakan.

Penyebab tewasnya kedua orang itu dan kondisi jenazah korban masih belum dapat diketahui, karena masih belum bisa di evakuasi terkait cuaca yang tidak mendukung. Pekerjaan Jalan Trans Papua yang menghubungkan Wamena hingga ke Mamugu dimulai sejak awal tahun ini sepanjang 278,6 kilometer. Jalan ini nantinya akan menghubungkan kabupaten Nduga dan Asmat. (dna/dra)