TNI AU Ajukan Pembelian Helikopter, JK: Sekarang Kita Berhemat

Ferdinan - detikNews
Kamis, 08 Sep 2016 14:40 WIB
Foto: Muhammad Taufiqqurahman/detikcom
Foto: Muhammad Taufiqqurahman/detikcom
Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan rencana pembelian helikopter AgustaWestland AW101 masih tahap usulan. JK mengatakan rencana tersebut masih perlu dikaji karena negara sedang berhemat anggaran.

"Kan baru usulan. Saya kira dana sekarang kita hemat untuk membeli barang-barang yang mahal," ujar JK menjawab pertanyaan wartawan di Plenary Hall JCC, Jl Jenderal Gatot Subroto, Jakarta, Kamis (8/9/2016).

JK mengaku belum mengetahui detil usulan itu, termasuk ketersediaan anggaran untuk membeli helikopter yang diajukan TNI Angkatan Udara. AgustaWestland AW101 yang diajukan rencana pembeliannya merupakan helikopter menengah yang digunakan dalam militer dan sipil.

"Saya tidak tahu apakah ada anggarannya atau tidak? Saya yakin tidak ada anggaran untuk beli begitu pada dewasa ini," imbuh JK.

Sementara itu, Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Pertahanan Brigjen TNI Djundan Eko Bintoro membenarkan adanya surat dari TNI AU tertanggal 29 Juli 2016. "Ya betul," katanya saat dikonfirmasi detikcom secara terpisah.

Menurutnya, pengajuan pembelian helikopter dimaksudkan untuk angkutan militer, bukan VVIP. "Angkut personel," sebut dia.

Sedangkan Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsma, Jemi Trisonjaya, belum dapat dikonfirmasi mengenai rencana detil pengajuan pembelian helikopter AW101 ini. (fdn/aan)