DetikNews
Sabtu 30 April 2016, 17:05 WIB

Commuter Line Akan Sampai Cikarang, Ini 4 Stasiun Baru yang Dibangun

Idham Kholid - detikNews
Commuter Line Akan Sampai Cikarang, Ini 4 Stasiun Baru yang Dibangun Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - PT Kereta Commuter Jakarta menargetkan rute kereta listrik akan sampai hingga Cikarang, Jawa Barat. Artinya akan ada 4 stasiun lagi setelah stasiun Bekasi.

"Kalau selesai tahun ini, maka relasi KRL itu akan sampai Cikarang, nanti akan ada 4 stasiun lagi setelah Bekasi," kata Dirut PT KCJ M.N Fadhilah.

Fadhil menjelaskan ini di acara penganugerahan kepada penumpang yang memiliki trip terbanyak dengan kartu multitrip. Salah seorang pemenang meminta kepada Fadhil agar di Cibitung ada stasiun. Acara itu digelar di Stasiun Jakarta Kota, Sabtu (29/4/2016).

"Jadi akan ada Stasiun Bekasi Timur, Stasiun Tambun, Stasiun Cibitung dan Cikarang," jawab Fadhil.

Fadhil berharap proses pembangunan yang dibutuhkan untuk realisasi KRL sampai Cikarang itu dapat segera rampung.

"Jadi kita berharap itu bisa segera selesai, karena kami juga sudah siap untuk mengoperasionalkan sampai Cikarang, mudah mudahan segera selesai," ujar Fadhil.

Proses pembangungan rute KRL Commuter Line hingga Cikarang ini sudah berlangsung lama. Kepala Humas PT KAI Daop I Agus Komaruddin sebelumnya mengatakan pemerintah sedang mengerjakan listrik aliran atas di ruas Bekasi-Cikarang.

"Listrik aliran atasnya juga sedang dikerjakan," kata Agus kepada detikcom, Selasa (13/1/2015).

Selain itu, lanjut Agus, pemerintah juga sedang melakukan penambahan jumlah rel kereta di ruas Jatinegara-Bekasi. Dengan adanya penambahan rel ini perjalanan KRL Bekasi-Jakarta akan makin cepat karena KRL akan punya jalur sendiri dan tak lagi harus 'mengalah' dari kereta luar kota.

"Di jalur Jatinegara-Bekasi saat ini kan sudah ada dua jalur kereta, ini ditambah lagi sama pemerintah dua jalur lagi. Jadi nanti totalnya akan ada empat jalur," kata Agus.

Agus mengatakan, proses penambahan jalur ini masih terus dikerjakan. Para pekerja sedang melakukan pemasangan rel tersebut.

"Kalau sudah selesai, nantinya jalurnya akan sendiri-sendiri KRL sendiri dan kereta luar kota sendiri. Jadinya perjalanan kereta dari Bekasi-Jakarta akan lebih cepat," ujarnya.


(idh/fjp)
krl
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed