DetikNews
Selasa 26 April 2016, 19:40 WIB

100 Napi Lapas Banceuy Juga Pindah ke Garut dan Cirebon

Baban Gandapurnama - detikNews
100 Napi Lapas Banceuy Juga Pindah ke Garut dan Cirebon Lapas Banceuy (Foto: Baban G/detikcom)
Bandung - Selain memindahkan 140 narapidana Lapas Banceuy ke Rutan Kebonwaru, Kanwil Kemenkum HAM Jabar juga mengalihkan 100 napi lainnya ke Garut dan Cirebon. Mereka nanti menghuni area penjara di dua daerah tersebut.

"Mudah-mudahan malam ini 50 orang dipindahkan ke Garut, lalu 50 orang ke Cirebon," ucap Kadivpas Kanwil Kemenkum HAM Jabar Agus Toyib di Lapas Banceuy, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Selasa (26/4/2016).

Agus tak bisa memastikan jadwal keberangkatan100 napi ke Lapas Klas IIB Garut dan Lapas Klas I Cirebon. Namun dia menegaskan, selama perjalanan ke tempat tujuan, aparat kepolisian siap mengawal kendaraan pengangkut napi.

"Dua tempat itu masih memungkinkan untuk penambahan napi dari Lapas Banceuy," kata Agus.

Pascakerusuhan melanda Lapas Banceuy, Sabtu (23/4) lalu, Kemenkum HAM Jabar memutuskan untuk memindahkan warga binaan ke sejumlah penjara di Jabar. Selama ini hunian Lapas Banceuy melebihi kapasitas.

Lapas Banceuy memiliki daya tampung 600 orang, saat ini dihuni 794 orang warga binaan. Setelah kerusuhan pecah yang berujung aksi pembakaran, aparat terkait memindahkan sebanyak 140 orang ke Rutan Kebonwaru, 50 orang ke Lapas Klas IIB Garut, dan 50 orang ke Lapas Klas I Cirebon.

"Sisa jumlah napi lainnya di Banceuy akan menempati blok baru," ujar Agus singkat.


(bbn/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed