DetikNews
Kamis 07 April 2016, 09:51 WIB

Sama dengan Santoso, Basri Juga Tinggalkan Istri Pertama dan Kawin Lagi

Erwin Dariyanto - detikNews
Sama dengan Santoso, Basri Juga Tinggalkan Istri Pertama dan Kawin Lagi Foto: istimewa
Poso - Mohammad Basri alias Bagong juga meninggalkan istri pertamanya untuk bergabung dengan Kelompok Mujahidin Indonesia Timur pimpinan Santoso alias Abu Wardah. Istri pertama Basri saat ini tinggal di kawasan Gebang Rejo, Tanah Runtuh, Sulawesi Selatan.

Setelah meninggalkan istri pertamanya, Basri kemudian menikah dengan Nurma binti Usman di Bima. Hal itu dia lakukan pada sekitar April 2013 setelah berhasil melarikan diri dari Lapas Ampana.

"Saat ini Nurma ikut Basri bergabung dengan kelompok Santoso di Hutan Poso. Dia masuk salah satu DPO kami," kata seorang anggota Satgas Tinombala kepada detikcom, Kamis (7/4/2016).

Nurma saat ini berada di tengah hutan di Poso bersama istri Santoso dan istri Ali Komara.  Ketiganya berada di ring 1 alias lapisan terdalam dari kelompok Santoso.



Kehadiran tiga perempuan ini di tengah hutan menimbulkan perpecahan di antara anggota Kelompok Santoso.  Anggota kelompok Santoso di lapisan terluar yang bertugas sebagai tim pengintai dan pencari logistik diminta juga mencarikan bahan kebutuhan untuk tiga perempuan tersebut.

Anggota lainnya juga 'cemburu' karena di kelompok itu hanya Santoso, Basri dan Ali Komara yang boleh membawa istri. Adapun yang lainnya tidak dibolehkan.

Kapolda Sulteng Brigadir Jenderal Rudy Sufahriady mengakui adanya perpecahan tersebut. Namun dia menolak menjelaskan secara detail karena itu menyangkut strategi yang tak bisa diungkap ke media.


(erd/Hbb)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed