DetikNews
Senin 21 Maret 2016, 17:46 WIB

Kedubes Australia di Jakarta, Terbesar Sedunia

Fitraya Ramadhanny - detikNews
Kedubes Australia di Jakarta, Terbesar Sedunia Foto: Fitraya Ramadhanny
Jakarta - Kedubes Australia di Jakarta telah diresmikan oleh Menlu Australia Julie Bishop. Dengan luas 50 ribu m2, inilah kedubes Australia yang terbesar di dunia.

"Ini adalah kedubes yang paling besar yang pernah kita punya di dunia, sebagai perwakilan Australia untuk Indonesia dan ASEAN," kata Julie dalam sambutannya di Kedubes Australia, Jl Patra Kuningan, Jakarta, Senin (21/3/2016).

Ketika detikcom berkunjung ke sana, memang terasa panjang betul gedung kedubes ini. Sekitar 350 meter dari bundaran Patra Kuningan sampai tembok Kedubes Inggris.



Begitu masuk ke dalamnya tampaklah jejeran gedung-gedung kubus minimalis setinggi lima lantai serta taman yang luas. Gedung-gedung kotak ini kelihatan dari Jl HR Rasuna Said.

Total ada 12 gedung yang saling tersambung, dengan warna-warna yang menyimbolkan kekayaan alam Australia yaitu warna tembaga, seng, alumunium, kuningan, dan baja. Kedubes ini lebih cocok disebut kompleks karena gedungnya banyak.



Informasi dari Kedubes Australia juga menyebutkan ada 4 pohon beringin besar yang dipindahkan ke sini. 2 Pohon tampak dari depan, sisanya ada di belakang.

Di samping kanan ada Memorial Garden, taman prasasti untuk mengenang orang Australia yang meninggal atau gugur di Indonesia. Mulai sejak zaman perang dunia, sampai peristiwa penembakan Balibo dan bom Kedubes Australia.

Selain itu masih ada ruang terbuka serba guna seukuran lapangan basket yang bisa digunakan untuk aneka jenis acara. Di bagian belakang tampak lapangan tenis milik kedubes.



Sedangkan di sisi kiri, ada semacam kompleks rumah dinas yang disebut residential. Kembali ke jejeran 12 gedung ini, mereka mengelilingi taman di tengah gedung yang diberi kanopi transparan namun dirancang khusus supaya tidak panas.

Kedubes Australia yang baru dikerjakan bersama oleh Leighton (Asia) dan Total Bangun Persana, melibatkan 2.500 pekerja. Kedutaan ini juga dirancang ramah lingkungan dengan menampung dan menggunakan air hujan, serta pemanasan air dengan tenaga surya. Dengan profil semacam ini, pantaslah ia menjadi Kedubes Australia terbesar sedunia.

"Gedung ini simbol hubungan people to people Australia dan Indonesia yang dibangun Australia dan Indonesia," tutup Julie.


(fay/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed