detikNews
Selasa 16 Februari 2016, 16:13 WIB

Gerhana Matahari Total Di Indonesia

Pemkab Belitung Bersiap Diserbu 7.000 Turis Gerhana

Salmah Muslimah - detikNews
Pemkab Belitung Bersiap Diserbu 7.000 Turis Gerhana Foto: Ilustrasi oleh Mindra Purnomo
Jakarta - Pemerintah Kabupaten Belitung memperkirakan akan ada sekitar 7.000 wisatawan yang akan menyaksikan gerhana matahari total 9 Maret 2016. "Dari pantauan kami, hotel sudah dibooking 80 persen sampai 100 persen," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung, Hermanto, kepada detikcom.

Hermanto meyakini lokasi Belitung yang tak jauh dari Jakarta menjadi alasan akan banyaknya turis yang datang ke daerahnya. "Lokasi kami tidak terlau jauh dan (aksesnya) tidak sulit," ujarnya.

Pemkab Belitung menyiapkan Pantai Tanjung Layang sebagai lokasi utama pengamatan gerhana. Selain itu ada beberapa bukti yang direkomendasikan masyarakat sebagai titik pemantauan dan pemotretan gerhana.

Hermanto mengatakan, Belitung menyiapkan rupa-rupa acara mulai 7 Maret 2016 hingga April 2016. Acara utama adalah Festival Gerhana yang dimeriahkan pementasan seni budaya lokal tiga hari berturut-turut mulai 7-9 Maret 2016.

Selain itu ada juga touring sepeda dengan rute yang melewati tempat-tempat wisata andalan di Belitung. Jalur petualangan bersepeda ini sekitar 125 kilometer. 

Lalu ada pameran usaha kecil menengah pada 7-12 Maret 2016. Ada juga seminar-seminar ilmiah dan pembahasan soal mitos gerhana dengan pembicara antara lain dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Belitung adalah salah satu daerah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang dilintasi gerhana matahari total. Kabupaten Bangka Tengah dan Belitung Timur juga dilewati fenomena alam yang langka ini.

(Baca juga: Turis Gerhana Membeludak, Hotel di Bangka Belitung Penuh

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung H.K.A. Tajuddin mencatat hotel-hotel di daerahnya rata-rata sudah habis direservasi turis gerhana. Selain wisatawan domestik, menurut Tajuddin, turis asing juga datang antara lain dari Jepang, Cina, Korea Selatan, Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa.

Pemerintah menargetkan akan ada lima juta wisatawan domestik dan 100 ribu turis asing menyaksikan fenomena alam yang langka tersebut. Kementerian Pariwisata sudah mempromosikan gerhana 2016 yang hanya ada di Indonesia ini sejak akhir 2015.




(okt/okt)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com