Gerhana Matahari Total di Indonesia

Begini Indahnya Penampakan Gerhana Matahari Total di Berbagai Negara

Salmah Muslimah - detikNews
Selasa, 19 Jan 2016 11:03 WIB
1.

Begini Indahnya Penampakan Gerhana Matahari Total di Berbagai Negara

Begini Indahnya Penampakan Gerhana Matahari Total di Berbagai Negara
Gerhana matahari total terlihat di Tokyo Jepang, 21 Mei 2012. Masashi Hara/Getty Images
Jakarta - Gerhana Matahari Total (GMT) akan terjadi di Indonesia 9 Maret 2016 mendatang. Berdasarkan data yang dilansir Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), GMT terjadi pagi hari dan akan membuat suasana pagi yang cerah itu gelap seperti menjelang malam.

Durasi waktu GMT tak lama, hanya berlangsung dalam hitungan menit. Sementara proses terbentuknya GMT mulai dari gerhana matahari sebagian hingga selesai membutuhkan waktu dalam hitungan jam. Setiap daerah yang dilintasi juga berbeda-beda waktunya dan untuk 2016 ini GMT di Indonesia terjadi mulai pagi hingga siang hari.

Saat GMT suasana yang terang perlahan akan menjadi gelap karena sedikit demi sedikit matahari akan tertutup. Puncaknya matahari akan tertutup total. Saat inilah warga bisa menikmati keindahan atmosfer matahari atau korona yang tidak akan bisa dilihat jika tidak terjadi gerhana. Atmosfer matahari akan terlihat bersinar indah di tengah gelapnya langit.

Momen saat matahari tertutup total inilah yang banyak diabadikan dengan kamera atau video. Warga juga bisa menyaksikannya dengan mata telanjang tanpa harus menggunakan filter atau kacamata. Keindahan gerhana matahari total ini hanya berlangsung 2 sampai 3 menit, setelah itu secara perlahan matahari akan tersibak. Sinar matahari yang terang akan kembali memancar ke bumi dan kondisi langit berangsur cerah.

GMT pernah terjadi di Indonesia Juni 1983 silam, namun saat itu belum banyak dokumentasi yang mencatat fenomena langka itu. Namun di sejumlah negara GMT terjadi di tahun 2000-an dan diabadikan dalam gambar dan dokumen. Berikut GMT yang pernah terjadi di beberapa negara: