DetikNews
Selasa 24 November 2015, 23:43 WIB

Begini Suasana JPO Lebak Bulus Lokasi Pemerkosaan Saat Malam Hari

M Iqbal - detikNews
Begini Suasana JPO Lebak Bulus Lokasi Pemerkosaan Saat Malam Hari Foto: M Iqbal/detikcom
Jakarta - Seorang karyawati berusia 23 tahun diperkosa saat melintas waktu sore jelang malam di Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Lebak Bulus, Jaksel pada Sabtu (21/11) lalu. Bagaimana kondisi JPO itu saat malam hari?

Lokasi JPO itu menghubungkan ruko plaza Pondok Indah dengan daerah seberangnya dekat Carrefour Lebak Bulus. Jika anda berkendara dari arah Pondok Indah ke Ciputat, maka dari lampu merah, sebelum Carrefour ke arah kanan yang tembus di perempatan Pondok Pinang.

Atau jika berkendara dari Fatmawati hingga Poins Square, sampai di lampu merah berjalan lurus sampai muncul di Pondok Pinang. Nah, sekitar 100 meter setelah Carrefour itu, ada JPO panjang yang juga melintasi tol JORR.

Pada pendakian JPO di sisi ruko Plaza Pondok Indah mengarah ke jalan TB Simatupang, kondisi jalanan cukup ramai. Termasuk malam hari, karena itu akses utama pengendara yang berasal dari Ciputat dan sekitarnya.

Namun di seberang JPO dekat Carrefour adalah daerah sepi. Begitu turun JPO, hanya ada deretan beberapa kios bunga yang tutup saat malam. Tak ada lampu penerang jalan yang memadai di sepanjang daerah itu. Hanya lampu kendaraan yang melintas.

Pantauan pada pukul 22.00 WIB Selasa (24/11/2015), lokasi jalan cukup gelap. Hanya ada penerangan dari satu lampu jalan yang temaram di pinggir jalan. Selain gelap, di kiri kanan jalan juga rimbun dengan pepohonan, menambah suasana yang sepi.

Tampak ada angkot 03 warna merah jurusan Kebayoran Lama-Pondok Labu yang berhenti di bawah JPO depan kios bunga. Tiga orang pemuda duduk-duduk di belakang angkot itu sambil merokok. Sebuah mobil Avanza juga terparkir di depannya tanpa pengemudi.

Sementara kondisi JPO sendiri sangat minim penerangan. Di sisi jajaran kios bunga, hanya ada lampu jalan yang temaram tadi. Di bagian tengah JPO ada lampu yang juga untuk penerangan tol JORR. Sementara di ujung JPO yaitu ruko Plaza Pondok Indah, relatif terang dan selalu ramai pengendara.

Untuk diketahui, jalanan sepanjang Ruko Plaza Pondok Indah yang menghubungkan pengendara dari Pondok Pinang ke perempatan Lebak Bulus, kerap juga dijadikan lokasi balap liar pemuda atau remaja tanggung.
JPO Lebak Bulus (Foto: M Iqbal)

Tentu sangat tidak disarankan melewati JPO dengan kondisi yang gelap. Kabarnya, Pemprov DKI akan memasang CCTV dan lampu sorot di JPO 'horor' itu. Soal CCTV, JPO itu sebetulnya tidak memiliki kanopi atau atap yang paling memungkinkan untuk lokasi CCTV.

Sementara itu, Polda Metro Jaya masih memburu pelaku pemerkosaan yang disertai pencurian pada Sabtu (21/11) lalu. Penyidik sudah mengecek TKP dan memeriksa saksi. Semoga saja segera terungkap pelakunya, dan perbaikan JPO oleh Pemprov direalisasikan.


(bal/Hbb)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed