Satgas Bencana Asap Kerahkan 2 Heli atasi Kebakaran Hutan dan Lahan di Riau

- detikNews
Kamis, 05 Mar 2015 16:11 WIB
Pemadaman kebakaran hutan dengan menggunakan helikopter di Riau.
Pekanbaru - Satgas Siaga Darurat mengerahkan dua helikopter untuk melakukan pemadaman di lahan yang terbakar di Riau. Kebakaran yang terjadi saat ini menyebabkan status udara sebagian wilayah di Riau masuk level 'Tidak Sehat'.

Humas Satgas Siaga Darurat Bencana Asap, Mayor Fil Fadri menyatakan,
helikopter yang dikerahkan itu milik PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) dan Sinar Mas Group.

"Dua heli tersebut merupakan bantuan ke Posko Satgas. Sehingga statusnya dalam melakukan pemadaman tetap di bawah koordinasi Satgas Siaga Darurat," kata Fadri kepada wartawan di Pekanbaru, Kamis (5/3/2015).

Fadri yang juga Penerangan dan Perpustakaan (Kapentak) Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru menyatakan, operasional kedua heli itu dibagi dua lokasi pemadaman. Heli milik Sinar Mas melakukan water boombing di wilayah Kabupaten Bengkalis dan Siak. Sedangkan heli RAPP melakukan water boombing di Kabupaten Pelalawan.

"Kemarin masing-masing heli telah melakukan water boombing sebanyak tiga puluh tiga kali. Hari ini hingga sore nanti juga akan melakukan water boombing dengan jumlah yang sama," kata Fadri.

Selain mengerahkan dua heli perusahaan, tim Satgas Siaga juga mendapat bantuan masyarakat peduli api dari kedua perusahaan tersebut. Jumlahnya dari Masyarakat Peduli Api (MPA) dari RAPP dan Sinar Mas sekitar 300 personel.

"Kebakaran lahan yang paling luas ada di Kabupaten Bengkalis dan Pelalawan. MPA yang ada juga bergabung dengan tim lainnya, dari Polri, TNI, BPBD untuk sama-sama melakukan pemadaman," kata Fadri.

Sedangkan berdasarkan pantuan Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) yang ada di Pekanbaru, kondisi udara sudah tidak lagi status 'Baik'. Status udara saat ini memasuki level 'Sedang'. Sedangkan di Dumai, Bengkalis, Pelalawan dan Siak, status ISPU pada level 'Tidak Sehat'.


(cha/rul)