DetikNews
Jumat 02 Januari 2015, 17:25 WIB

Begini Cara Kerja Petugas ATC Bandara dengan Gaji Rp 15-20 Juta Per Bulan

- detikNews
Jakarta - Menjadi seorang petugas Air Traffic Control (ATC) tak mudah. Ada tanggung jawab besar di pundaknya. Keselamatan ribuan orang yang terbang dengan pesawat setiap harinya diatur mereka. Para petugas ATC mengatur lalu lintas pesawat.
Sebenarnya bagaimana kerja mereka?

"Itu kan ada maksimum kerja. Dia maksimal 1,5 jam kerja kemudian isitirahat. Terus kerja nanti 1 jam lagi. Itu sudah dihitung nggak boleh lama-lama. Harus istirahat yang cukup," terang Dirut Perum Navigasi Bambang Tjahjono kepada detikcom, Jumat (2/1/2015).

Petugas ATC memantau monitor traffic penerbangan. Mereka juga memandu pesawat apabila ingin menyimpang, naik, atau turun.

"Sekali tugas ya, yang hadap ke selatan 4, hadap ke utara ada 4, koordinator ada 2 tapi itu setiap 1,5 jam ganti. Nggak boleh lama-lama," imbuh dia.

"Selama hari bisa bekerja 8 jam. Kalau makin malam traffic-nya semakin sedikit atau sepi," tambahnya.

Lalu berapa gaji seorang petugas ATC?

"Semenjak ada perusahaan sendiri kesejahteraan mereka membaik. Gajinya sudah lumayan karena risiko tinggi harus mantengi pergerakan pesawat. Kalau gaji petugas dengan katagori radar rating sebesar Rp 15-20 juta per bulan. Kalau yang berpengalaman bisa lebih dari itu," tutup dia.

(ndr/mad)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed