DetikNews
2014/11/10 12:10:31 WIB

Ini Kiprah 4 Pahlawan Nasional yang Baru Dinobatkan Tahun Ini

- detikNews
1 1. KH Abdul Wahab
Halaman 2 dari 5
Ini Kiprah 4 Pahlawan Nasional yang Baru Dinobatkan Tahun Ini (Foto: NU Online)

Abdul Wahab Chasbullah berlatar belakang sebagai sosok yang berasal dari keluarga santri. Ayahnya bernama Hasbulloh Said merupakan sosok pengasuh Pesantren Tambakberas, Jombang, Jawa Timur.

Meski sebagai santri, Wahab punya pola pikir yang kritis karena tergerak hatinya melihat negara yang dijajah. Kemiskinan dan kebodohan akibat penjajah membuatnya menjadi tokoh ulama yang peduli dengan nasib masyarakat. Dia juga dianggap sebagai bapak pendiri Nahdlatul Ulama (NU).

Dari catatannya, Wahab pada 1916 pernah mendirikan organisasi pergerakan yang dinamai Nahdlatul Wathon. Pendirian organisasi ini untuk membangunkan kesadaran rakyat Indonesia. Dua tahun berikutnya, untuk mendukung pergerakannya itu, dia mendirikan Nahdlatut Tujjar.

Pendirian dua organisasi ini agar bisa menjadi wadah penggalangan dana dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Selain itu, untuk memperkuat kesolidan perjuangan umat islam di dunia pesantren. Awal Nahdlatutut Tujjar berdiri, Wahab diplot sebagai sekretaris sekaligus bendahara. Kemudian sebagai ketua dipilih tokoh pendiri NU lainnya, Kiai Hasyim Asyari.

Meski berlatar belakang NU, Wahab juga dianggap sebagai ulama yang bisa mempelopori forum diskusi antar organisasi massa seperti Muhammadiyah. Saat negara dijajah Jepang, dia juga ikut berjuang mengusir penjajah dengan menjadi Panglima Laskar Mujahidin (Hizbullah).Dalam riwayatnya, Wahab juga pernah mendirikan harian umum “Soeara Nahdlatul Oelama” atau Soeara NO dan Berita Nahdlatul Ulama.

Wahab lahir di Jombang, Jawa Timur, 31 Maret 1888. Dia meninggal di usia 83 tahun pada 29 Desember 1971.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed