99 Anggota DPRD Sumut Dilantik, Termasuk Tersangka Zulkifli Siregar

- detikNews
Senin, 15 Sep 2014 14:47 WIB
Foto: Khairul/detikcom
Foto: Khairul/detikcom
Medan - 99 Dari 100 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Utara (Sumut) terpilih periode 2014-2019, dilantik hari ini. Satu orang tidak mengikuti pelantikan karena sakit.

Pelantikan dipimpin Ketua Pengadilan Tinggi Sumut, ATH Pudjiwahono dan berlangsung di Gedung DPRD Sumut, Jalan Imam Bonjol, Medan, Senin (15/9/2014). Hadir dalam acara itu para pejabat pemerintahan setempat, termasuk Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho.

Anggota DPRD yang dilantik hari ini merupakan hasil Pemilu 2014. Rinciannya 17 orang dari Partai Golkar, disusul PDI Perjuangan 16 orang, Partai Demokrat 14 orang, Partai Gerindra 13 orang, dan Partai Hanura 10 orang.

Kemudian Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 9 orang, Partai Amanat Nasional (PAN) 6 orang, Partai NasDem 5 orang, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) 4 orang, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 3 orang, serta Partai Persatuan dan Keadilan Indonesia (PKPI) 3 orang. Dari 100 orang terpilih ini, satu orang bernama Wagirin Arman (Partai Golkar) tidak dilantik karena sakit demam berdarah.

Rapat paripurna istimewa yang digelar anggota dewan hari ini juga menetapkan Ajib Shah (Golkar) sebagai ketua sementara dan Budiman Nadapdap (PDI Perjuangan) sebagai wakil ketua sementara DPRD Sumut.

Dalam pelantikan hari ini, Zulkifli Siregar, Ketua Hanura Sumut yang berstatus tersangka juga ikut diambil sumpahnya. Kepolisian Daerah (Polda) Sumut menetapkannya sebagai tersangka dalam dugaan kasus korupsi alat kesehatan.

Terkait dengan status tersangka itu, Ketua Sementara DPRD Sumut Ajib Shah menyatakan pihaknya menyerahkan sepenuhnya pada proses hukum yang sedang berlangsung.

"Hukum merupakan panglima tertinggi dalam setiap kebijakan," kata Ajib Shah yang juga Ketua DPD Partai Golkar Sumut ini.

(rul/nik)