DetikNews
Senin 04 Agustus 2014, 13:06 WIB

Kemenkum: Ba'asyir Baiat 23 Napi Teroris Dukung ISIS

- detikNews
Jakarta - Direktorat Jenderal Lembaga Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM menyelidiki kemunculan foto Abu Bakar Ba'asyir yang membaiat napi terorisme untuk mendukung Islamic State of Iraq and Syria (ISIS). Hasil penyelidikan ada 23 napi yang dibaiat Ba'asyir dalam Lapas Pasir Putih, Nusa Kambangan.

"Dari laporan yang saya terima, ada 23 napi teroris yang dibaiat," kata Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Hukum dan HAM Jawa Tengah, Hermawan Yunianto saat dikonfirmasi, Senin (4/8/2014).

Dari hasil penyelidikan yang dilakukan Direktorat Keamanan dan Ketertiban Kemenkum HAM, diketahui, Ba'asyir membaiat para napi pada 18 Juli 2014. "Bukan di musala, di tempat ruangan mereka di blok hunian," ujar dia.

Dari laporan yang diterima Ba'asyir melakukan baiat atas desakan sejumlah napi yang mendukung ISIS. "Kita klarifikasi ke Ba'asyir menanyakan itu. Dijawab saya (Ba'asyir) tidak setuju tapi ditekan terus dengan yang ingin bergabung dengan ISIS. Akhirnya dia (Ba'asyir) mau juga membaiat," sambung Hermawan.


(fdn/ndr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed