DetikNews
Selasa 08 April 2014, 11:09 WIB

Pemilu 2009 lalu Ada 7.736 Caleg Stres, Bagaimana Tahun Ini?

- detikNews
Pemilu 2009 lalu Ada 7.736 Caleg Stres, Bagaimana Tahun Ini? Foto ilustrasi
Jakarta - Sekitar 200 ribu calon anggota legislatif baik untuk Dewan Perwakilan Rakyat RI, DPR Daerah tingkat I, DPRD tingkat II maupun Dewan Perwakilan Daerah besok Rabu, 9 April 2014 akan memperebutkan 19.699 kursi yang tersedia.

Itu artinya ada kurang lebih 90 persen atau sekitar 180 ribu caleg yang berpotensi gagal meraih kursi di parlemen. Kegagalan seorang politisi menuju parlemen bisa memunculkan gangguan kejiwaan atau stres.

Pada 2009 lalu misalnya, Kementerian Kesehatan melansir ada 7736 caleg yang stres karena gagal menjadi anggota dewan. Rinciannya caleg untuk DPR RI sebanyak 49 orang, DPRD I sebanyak 496 orang, caleg DPD sebanyak 4 orang, dan caleg DPRD II sebanyak 6.827.

Tingkah polah para caleg stres tersebut beraneka rupa. Di daerah pemilihan I Kabupaten Sumbawa Nusa Tenggara Barat misalnya. Setelah gagal terpilih, seorang caleg menarik kembali bantuan sebuah mesin genset yang di sumbangkannya ke masjid.

Tak hanya itu, dia juga menarik bantuan dana sebesar Rp 1 juta yang disumbangkannya ke dua musala. Sementara di Bogor Jawa Barat, seorang caleg menarik kembali ratusan buku tabungan yang masing-masing berisi senilai Rp50 ribu.

Buku tersebut dibagikan saat kampanye di Kampung Muara, Kelurahan Pasirjaya, Kecamatan Bogor Barat. Buku tabungan ditarik setelah perolehan suara si caleg di daerah tersebut tak lebih dari 10 persen. Lalu bagaimana dengan pemilu 2014 ini?

Wakil Ketua Pengurus Besar Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia Ari Fahrial Syam dalam keterangan tertulisnya memprediksi fenomena caleg stres masih akan membayangi pemilu tahun ini.

"Pada Pemilu 2014, tampaknya angka tersebut tidak akan bergeser banyak karena yang gagal jadi caleg juga bisa mencapai angka 180 ribu orang. Kekecewaan pasti dialami oleh sebagian mereka yang gagal tersebut," kata Ari Fahrial Syam, melalui keterangan tertulis kepada detikHealth yang dikutip detikcom, Selasa (8/4/2014).

Sejumlah rumah sakit jiwa pun kini bersiap. Mereka mengantisipasi kemungkinan melonjaknya jumlah pasien pasca penghitungan suara pemilihan umum anggota legislatif Rabu besok.



  • Pemilu 2009 lalu Ada 7.736 Caleg Stres, Bagaimana Tahun Ini?
    Foto ilustrasi
  • Pemilu 2009 lalu Ada 7.736 Caleg Stres, Bagaimana Tahun Ini?
    Foto ilustrasi

(erd/van)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed