DetikNews
Selasa 11 Februari 2014, 16:43 WIB

Polemik KRI Usman Harun

TNI AL: Gani bin Arup Sudah Meninggal Dunia, Jejaknya Misterius

- detikNews
TNI AL: Gani bin Arup Sudah Meninggal Dunia, Jejaknya Misterius repro (dok.detikcom)
Jakarta - TNI Angkatan Laut dan Marinir tidak punya catatan soal jejak Gani bin Arup, sosok yang ikut dalam aksi pengeboman hotel MacDonald di Singapura bersama Usman dan Harun. Dia dipastikan sudah meninggal dunia, namun jejaknya misterius.

"Beliau sudah meninggal dunia," kata Kadispen TNI AL Laksamana Pertama Untung Surapati saat dikonfirmasi detikcom, Selasa (11/2/2014).

Menurut Untung, catatan soal Gani tidak terdokumentasikan karena dia bukan berlatar belakang Korps Komando (KKO) murni. Gani adalah salah seorang sukarelawan yang kemudian dilatih untuk mengikuti misi sabotase di Singapura. Aktivitasnya pun kebanyakan berbau rahasia.

"Bedanya Gani, karena misi-misi rahasia dia memisahkan diri. Termasuk kembalinya dia berpisah, dia selamat, dan ini sosoknya di lingkungan Korps Marinir misterius. Keluarganya misterius, termasuk alamat keluarganya," jelas Untung.

Kadispen Marinir Letkol Suwandi pun memberikan informasi senada. Dia mengaku masih mengumpulkan data soal sosok Gani yang bisa lolos dari kejaran aparat Singapura setelah pengeboman terjadi. Termasuk soal kehidupannya setelah kematian Usman dan Harun.

"Kita kekuarangan file soal Gani. Saat ini kita masih ngumpulin datanya. Ini datanya masih belum lengkap," jawabnya saat dihubungi detikcom.

Satu-satunya petunjuk soal Gani adalah foto yang dimiliki keluarga Usman saat pemakaman. Kakak kandung Usman, Siti Rodiah, menyebut Gani adalah sosok yang paling kehilangan saat proses pemakaman. Bahkan dia histeris hingga perlu ditenangkan rekan-rekannya. Sebuah foto merekam momen haru ini dan tersimpan dalam dokumentasi Rodiah.

"Kalau tidak salah itu Gani," katanya sambil memperlihatkan foto tersebut di kediamannya di Purbalingga kepada detikcom pekan lalu.



  • TNI AL: Gani bin Arup Sudah Meninggal Dunia, Jejaknya Misterius
    repro (dok.detikcom)
  • TNI AL: Gani bin Arup Sudah Meninggal Dunia, Jejaknya Misterius
    repro (dok.detikcom)

(mad/asy)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed