detikNews
Kamis 05 Desember 2013, 14:32 WIB

Irgan Bantah Adu Mulut dengan Nasir dan Hasyim Soal Proyek Rp 2,3 T

- detikNews
Irgan Bantah Adu Mulut dengan Nasir dan Hasyim Soal Proyek Rp 2,3 T
Jakarta - Wakil Ketua Komisi IX DPR Irgan Chairul Mahfiz membantah berkelahi dengan dua adik Nazaruddin yakni M Nasir dan Hasyim. Irgan juga membantah pembicaraan keras dengan dua adik Nazaruddin itu tak terkait proyek Rp 2,3 triliun seperti rumor yang beredar.

\"Nggak ada soal duit, flu burung apa, kalau di Hong Kong itu baru ada,\" bantah Irgan saat dikonfirmasi detikcom, Kamis (5/12/2013). Yang dimaksud Irgan dengan \'Hong Kong\' adalah berita terakhir yang menyebut ada seorang WNI yang terpapar flu burung H7N9 di kota tersebut.

Irgan menuturkan tak ada perkelahian seperti yang disebutkan Ketua Komisi IX DPR Ribka Tjiptaning. Menurutnya itu pembicaraan kerabat dekat dengan nada tinggi saja.

\"Kesaksian Ribka itu kan terputus. Kita karena sama-sama orang Sumatera kan suaranya keras, kita seperti saudara sama Nasir sama Hasyim,\" kata Irgan.

Lalu kenapa sampai Hasyim yang bukan anggota DPR nongol di DPR? \"Itu main saja, biasa,\" dalihnya.

Adik Nazaruddin, M Nasir, dan Wakil Ketua Komisi IX dari Fraksi PPP Irgan Chairul Mahfidz dikabarkan terlibat keributan di ruang pimpinan Komisi IX Gedung DPR, Senayan, Jakarta, pada Senin lalu. Keributan itu disebut-sebut soal proyek pabrik vaksin flu burung senilai Rp 2,3 triliun.

Informasi yang diperoleh, hal yang memicu keributan kabarnya terkait penghentian proyek itu. Tapi sayangnya belum ada konfirmasi yang bisa diperoleh dari dua orang itu.

Proyek itu sendiri kini sudah dihentikan DPR. Penghentian itu menyusul dugaan korupsi pada proyek multiyears yang rencananya berlangsung dari tahun 2008 sampai 2015 tersebut.

Proyek itu kabarnya sudah dipegang oleh perusahaan milik Nazaruddin. Pencairan dana proyek itu pada tahun 2009, sebesar Rp 420 miliar, dipimpin oleh Irgan.

Setelah dugaan korupsi pada kasus itu mencuat, Komisi IX DPR membuat panitia kerja (Panja) kelanjutan pendanaan pembangunan proyek vaksin flu burung. Pada akhirnya, Panja yang diketuai oleh Wakil Ketua Komisi IX dari Fraksi Partai Demokrat (PD) Nova Riyanti Yusuf itu menyepakati pendanaan proyek tersebut dihentikan sementara hingga kasus hukumnya tuntas.

Penghentian inilah yang membuat M Nasir dan Hasyim, adik Nazaruddin lainnya, berang. Disebut-sebut Nasir marah karena Irgan selaku Wakil Ketua Komisi IX, gagal membuat pendanaan proyek itu dilanjutkan.

Namun Irgan sudah membantah itu semua. Rumor itu juga sudah dibantah Wakil Ketua Komisi IX DPR Nova Rianti Yusuf.




(van/nrl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com