DetikNews
Senin 11 November 2013, 10:50 WIB

Kasus Andi Mallarangeng

Penuhi Panggilan KPK, Deputi Kemenpora Bawa Dokumen Tambahan

- detikNews
Jakarta - KPK meneruskan proses penyidikan kasus Hambalang untuk tersangka mantan Menpora, Andi Mallarangeng. Kali ini penyidik kembali melakukan pemeriksaan terhadap Djoko Pekik, deputi bidang peningkatan prestasi olahraga Kemenpora .

\\\"Saya dipanggil sebagai saksi untuk Pak Andi,\\\" tutur Djoko di KPK, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Senin (11\/11\/2013).

Djoko telah tiba di KPK sekitar pukul 9.45 WIB dengan mengenakan baju batik warna merah. Dia mengaku membawa dokumen tambahan terkait kasus Hambalang.

\\\"Ini saya juga bawa dokumen tambahan,\\\" jelasnya.

Djoko Pekik adalah mantan PLT Sesmenpora. Terkait dengan posisinya, dia dianggap banyak mengetahui mengenai proyek Hambalang.

Menurut surat dakwaan KPK untuk Deddy yang dibacakan, Kamis (7\/11), disebutkan bahwa dua pejabat Kemenpora sama-sama melakukan upaya memperkaya diri sendiri dari proyek Hambalang. Mereka Adalah Andi Mallarangeng dan Deddy Kusdinar.

Andi mereguk uang yang nilainya kurang lebih setara Rp 9 miliar dengan rincian Rp 4 miliar dan USD 550.000. Uang tersebut semuanya selalu melalui saudara Andi, Choel Mallarangeng. Rp 4 miliar diserahkan oleh PT Global Daya Manunggal, perusahaan yang menjadi subkontraktor proyek Hambalang.

Di dalam bagian surat dakwaan yang lain juga disebutkan bahwa Andi Alifian Mallarangeng memperkenalkan adiknya Andi Zulkarnain Mallarangeng alias Choel kepada pejabat Kemenpora. Choel disebut Andi sanggup mengurusi berbagai keperluan Kemenpora.

\\\"Akhir tahun 2009, Andi memperkenalkan adiknya Choel kepada Wafid (Wafid Muharam yang menjabat Sesmenpora) di ruangan Kemenpora dan menyatakan bahwa adiknya akan banyak membantu urusan Kemenpora sehingga kalau ada yang perlu dikonsultasikan silakan langsung menghubungi Choel,\\\" ujar Jaksa Wardana.




(kha/lh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed