DetikNews
Kamis 17 Oktober 2013, 08:50 WIB

9 Tahun Menjadi Sekjen MK, Siapakah Janedjri M Gaffar?

- detikNews
9 Tahun Menjadi Sekjen MK, Siapakah Janedjri M Gaffar? Janedri M Gaffar (dok.mk)
Jakarta - Masa jabatan Janedjri M Gaffar sebagai Sekjen MK yang memasuki tahun kesembilan dinilai melanggar aturan. Janed sendiri siap mundur apabila perlukan.

Pria kelahiran Yogyakarta, 25 Oktober 1963 ini memulai karier sebagai PNS Biro Majelis Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) pada 1989. Tak lama berselang, alumnus SMA 1 Madiun itu menjabat sebagai Pjs Kepala Subbagian LISDATA Bagian Pertahanan dan Keamanan Biro Majelis MPR pada 1990.

Setelah lima tahun, alumnus FISIP UNS Surakarta itu diangkat menjadi Kepala Bagian Pertahanan dan Keamanan Biro Majelis MPR. Karier peraih doktor dari Undip Semarang itu lantas menanjak menjadi tenaga pengkaji kemajelisan Bidang GBHN Biro Majelis MPR.

Saat MK berdiri pada 13 Agustus 2003, karier Janed tak terbendung. Suami Tetty Zainiart ditunjuk menjadi Pejabat Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen MK periode Agustus 2003-Januari 2004. Pada 19 Agustus 2004, Janedjri resmi menjabat sebagai Sekjen MK hingga sekarang.

\\\"Masa jabatan Janedjri itu menyalahi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 13\/2002 yang membatasi masa jabatan eselon I termasuk sekjen, hanya lima tahun,\\\" kata Seskab Dipo Alam dalam keterangannya, Kamis (17\/10\/2013).

Atas desakan itu, Janed mengaku siap mundur apabila dirasakan perlu.

\\\"Saya patuh pada peraturan kalau pimpinan diusulkan dari Ketua MK ke Pak Presiden. Kalau mereka memandang saya sudah cukup, ya saya siap. Pasti harus butuh penyegaran saya setuju,\\\" kata Janed kepada wartawan.




(asp/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed