detikNews
Selasa 29 Januari 2013, 07:30 WIB

Raffi Diduga Konsumsi Cathinone?

- detikNews
Raffi Diduga Konsumsi Cathinone?
Jakarta - Tujuh dari 17 orang yang diciduk di rumah Raffi Ahmad dinyatakan positif mengkonsumsi zat baru. Satu di antara mereka adalah pekerja seni. Apakah itu Raffi?

BNN dalam pernyatannya semalam menyatakan, ada dua lagi orang yang dinyatakan positif mengonsumsi zat baru. Bedanya dua orang ini hanya terbukti mengonsumsi zat baru, tidak seperti lima lainnya yang positif memakai zat lainnya yakni ganja dan ekstasi.

\\\"Dua orang lagi berinisal R dan RJ. Satu dari dua orang ini pekerja seni. Keduanya merupakan laki-laki,\\\" kata Sumirat,\\\" kata Kepala Humas BNN Sumirat di kantornya, Cawang, Jaktim, Senin (28\/1\/2013) malam.

Merujuk pada inisial, jenis kelamin dan atribusi pekerja seni, muncul kecurigaan pria berinisial R tersebut adalah Raffi. Saat dikonfirmasi hal ini, Sumirat hanya menjawab diplomatis.

\\\"Hehe. Masih belum jelas ya, masak harus detail,\\\" kata Sumirat dalam pesan singkatnya pagi ini.

Mengenai zat baru tersebut, Kepala UPT Laboratorium BNN, Kuswardani menyatakan zat tersebut bernama chatinone. Dikatakan Kuswardani, penemuan zat itu dari pemeriksaan urine yang dilakukan pihaknya berulang kali. Urine tersebut diperiksa dengan diekstraksi dan dikroscek berulang kali.

\\\"Saya cukup lama memeriksa, karena zat baru ini kan belum ada. Kita harus memastikan dulu. Ini dari hasil kroscek sampel urine yang kita ekstrak, kita menemukan zat itu. Harap diketahui, saat uji lab, semua sampel hanya menggunakan kode, tidak dipasangi nama atau inisial terperiksa,\\\" katanya.

Berdasarkan sejumlah sumber di laman internet menyebutkan chatinone adalah sebuah zat psikotropika yang diekstrak dari tumbuhan catha edulis. Tumbuhan ini banyak ditemukan di negara Azerbeijan. Zat ini diketahui dapat menimbulkan beberapa efek samping seperti euforia, hilangnya nafsu makan, dan halusinasi.




(fjr/ndr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed