DetikNews
Kamis 02 September 2010, 07:28 WIB

Saiful Mujani, Orang Asia Pertama Peraih Franklin L. Burdette Award

- detikNews
Saiful Mujani, Orang Asia Pertama Peraih Franklin L. Burdette Award
Jakarta - Dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta Saiful Mujani, meraih penghargaan bergengsi Franklin L. Burdette\/Pi Sigma Alpha Award dari American Political Science Association (APSA). Atas penghargaan ini, Saiful Munjani setara dengan ahli politik bertaraf internasional seperti Samuel Huntington, Sidney Tarrow, Michael Wallerstein, dan Mancur Olson.

\\\"Acaranya, besok siang waktu Washington DC atau Kamis (2\/9\/2010) tengah malam waktu Jakarta,\\\" kata Saiful Mujani dalam pesan singkatnya kepada detikcom, Kamis, (2\/9\/2010).

Selain diberikan kepada Saiful Mujani, APSA juga memberikan penghargaan Franklin L. Burdette\/Pi Sigma Alpha Award 2010 kepada William Liddle dan Thomas B. Pepinsky. Saiful Mujani mendapat anugrah dari asosiasi ilmuwan politik paling bergengsi sejagad atas karya ilmiah \\\"Testing Islam’s Political Advantage: Evidence from Indonesia.”

\\\"Saya berharap politik Indonesia menjadi semakin penting untuk studi para peneliti dunia sebab kesarjanaan tentang politik Indonesia masih sangat terbelakang. Kalau kesarjanaannya berkembang akan semakin spositif bagi politik kita,\\\" tambahnya.

Penghargaan ini diberikan kepada paper terbaik yang dipresentasikan di pertemuan tahunan yang diadakan oleh APSA. Sejak diberikannya pertama kali tahun 1964, APSA jarang memberikan award karena tidak ada yang dianggap layak.

\\\"Indonesia akan menjadi contoh dan inspirasi bagi kemajuan politik terutama ASEAN dan Timur Tengah yang saat ini sulit membangun demokrasi. Di banding ASEAN, Indonesia paling maju dalam bidang demokrasi,\\\" tambah Direktur Penelitian Freedom Institute Indonesia.

\\\"Sedangkan dibanding Timur Tengah, sama-sama masyarakatnya mayoritas muslim tapi mereka kesulitan memulai demokrasi,\\\" tutup Saiful.




(asp/ape)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed