detikNews
Kamis 12 Februari 2009, 16:23 WIB

Laporan Dari Delft

Jaringan Kabel Bawah Tanah PLN Lebih Rapi dan Aman

- detikNews
Jaringan Kabel Bawah Tanah PLN Lebih Rapi dan Aman
Delft - Di Indonesia sudah jamak pemandangan kabel listrik bergelantungan mengganggu keindahan. Kabel bawah tanah yang lebih rapi dan aman seperti di Eropa harus mulai dipikirkan.

PLN sebenarnya sudah mulai memperhatikan kebutuhan instalasi kabel bawah tanah dan telah menginvestasikan sumber daya manusia (SDM) dengan menyekolahkan mereka ke luar negeri, termasuk ke Belanda.

Seperti dituturkan Edy Mu'tasim Billah, karyawan BUMN PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), melalui Dedy H.B. Wicaksono kepada detikcom, kabel bawah tanah memiliki keunggulan antara lain lebih indah secara estetika.

"Selain itu juga lebih aman misalnya terhadap gangguan petir, serta lebih bebas dari gangguan antara lain tersangkutnya layang-layang," demikian Edy, seusai presentasi penelitian tesis kelulusan masternya di Delft University of Technology<\/em>, Belanda, Senin (9\/2\/2009).

Hanya saja seperti dalam banyak hal, perawatan terhadap kabel bawah tanah harus dilakukan secara baik.

Untuk itu, lanjut Edy, PLN sedari dini perlu memperhatikan pengambilan data secara terinci dari jaringan instalasi kabel bawah tanahnya, sehingga proses perawatan berbasis kondisi dapat dilakukan.

Perawatan berbasis kondisi seperti diuraikan Edy dalam tesisnya, dengan pengukuran Partial Discharge (PD) baik offline maupun online, memungkinkan manajemen aset yang lebih hemat dan lebih terarah, dibandingkan perawatan berbasis waktu, di mana pemeriksaan dilakukan secara periodik pada semua bagian sistem.

Sebagian besar jaringan listrik PLN saat ini menggunakan overhead line (kabel menggantung), karena instalasi kabel bawah tanah masih mahal, yakni 10 kali lipat.

"Namun penggunaan kabel bawah tanah akan semakin meningkat di masa depan, khususnya untuk kota-kota besar," demikian Edy, yang setelah pulang ke Indonesia akan bertugas di bagian perencanaan Jaringan Distribusi Jawa Barat.


(es/es)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com