DetikNews
Rabu 17 September 2008, 11:20 WIB

Gubernur dan Wagub NTB Baru Dilantik

- detikNews
Gubernur dan Wagub NTB Baru Dilantik
Mataram - DPRD NTB melalui rapat paripurna luar biasa melantik Muhammad Zainul Majdi–Badrul Munir sebagai gubernur dan wakil gubernur (wagub) Nusa Tenggara Barat (NTB) yang baru. Mereka akan menjabat untuk periode 2008-2013.

Berdasarkan proses tahapan yang ditetapkan KPUD, pelantikan pasangan gubernur dan wagub terpilih hasil Pilkada NTB ini semestinya dilakukan pada 1 September. Namun karena ada gugatan hukum dari pasangan cagub-cawagub peserta pilkada lainnya, pelantikan baru bisa dilakukan Rabu (17\/9\/2008).

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Mardiyanto dalam sambutannya berpesan kepada gubernur dan wagub yang baru menjaga amat masyarakat NTB sebaik-baiknya. Mardiyanto juga mengingatkan agar keduanya mengelola keuangan daerah dengan transparan.

"Saya juga berharap kepada gubernur dan wagub NTB yang baru bisa mensinergikan kebijakan pusat dan daerah," ujar Mardiyanto.

Selain Mendagri, acara pelantikan itu juga dihadiri sejumlah tokoh lainnya. Mereka antara lain Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra, Pangdam IX Udayana Mayjend Hotmangaraja Pandjaitan, dan mantan Gubernur NTB Lalu Serinata.

Muhammad Zainul Majdi yang kerap disapa Tuan Guru Bajang dan Badrul Munir diusung oleh PBB dan PKS. Pasangan ini berhasil meraih sekitar 36,72 persen suara. Sementara pasangan Lalu Serinata-Husni Jibril (Serius), yang diusung Partai Golkar, PDIP, PBR, dan Partai Patriot, menempati urutan kedua dengan meraih 28,75 persen suara.


(djo/djo)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed