Terlalu! Damkar Semarang Di-prank Laporan Palsu

Wahyu Turi Krisanti - detikNews
Rabu, 19 Jan 2022 15:23 WIB
Pemadam kebakaran menjinakan api.
dikhy sasra/ilustrasi/detikfoto
Ilustrasi petugas pemadam kebakaran. (Foto: Dikhy Sasra)
Ungaran -

Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, mendapat informasi palsu soal kebakaran dari orang yang tidak bertanggung jawab. Informasi palsu alias prank tersebut diterima pagi tadi.

Penelepon yang mengaku sebagai warga Desa Jimbaran Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang. Orang tersebut menghubungi Dinas Damkar Kabupaten Semarang dan melaporkan kejadian kebakaran di rumah tetangganya.

"Setelah mendapatkan laporan tersebut damkar Kabupaten Semarang langsung bergegas menuju TKP, namun setibanya di lokasi petugas pemadam tidak menemukan kebenaran dari laporan tersebut alias kejadian tersebut adalah hoax," kata Kasi Humas Iptu Bhaturangga D P kepada wartawan lewat pesan singkat, Rabu (19/01/22).

Saat ini pihaknya memang belum mengejar pemberi laporan palsu itu Namun, kepolisian mengimbau kepada masyarakat untuk tidak menyalahgunakan respons di bidang pelayanan masyarakat.

"Masyarakat sebaiknya tidak melakukan hal-hal yang tidak terpuji seperti itu. Apalagi dengan memanfaatkan respons petugas pemadam kebakaran, anggota TNI/Polri, ambulans dan stakeholder di bidang pelayanan masyarakat," tegasnya.

Meskipun petugas kebakaran kena prank, Bhaturangga bersyukur bahwa lokasi yang dilaporkan tidak terjadi kebakaran meskipun sempat menjadi bahan perhatian masyarakat Desa Jimbaran.

"Peristiwa ini semoga menjadi pembelajaran kita bersama seluruh warga Kabupaten Semarang agar bijak dalam hal laporan kejadian dan bencana," tutupnya.

(ahr/sip)