Kebakaran Rumah di Boyolali, 3 Motor-1 Onthel Ikut Ludes

Ragil Ajiyanto - detikNews
Rabu, 19 Jan 2022 10:00 WIB
Kebakaran rumah di Banyudono Boyolali, 19/1/2022
Kebakaran rumah di Banyudono Boyolali. (Foto: Dok Damkar Boyolali)
Boyolali -

Kebakaran rumah terjadi di Banyudono, Boyolali. Tiga sepeda motor dan satu sepeda kayuh (onthel) ikut ludes terbakar.

"Kebakaran menimpa rumah Sri Rahayu (60) warga Dukuh Kuwiran RT 11/04 Desa Kuwiran, Kecamatan Banyudono," kata Kapolsek Banyudono AKP Luqman Effendi, Rabu (19/1/2022).

Kebakaran terjadi sekitar pukul 01.30 WIB dini hari tadi. Kebakaran kali pertama diketahui oleh korban.

Dini hari itu korban tiba-tiba terjaga dari tidurnya setelah dikejutkan dengan suara ledakan di ruang tamu yang juga tempat sepeda motor ditaruh. Sri Rahayu langsung bangun untuk mengecek.

"Korban melihat api sudah besar, korban langsung keluar rumah untuk meminta bantuan," jelasnya.

Korban berteriak minta tolong kepada warga sekitar. Para tetangga langsung berdatangan membantu korban berusaha menjinakkan si jago merah menggunakan peralatan seadanya.

Warga juga menghubungi pemadam kebakaran Boyolali untuk membantu pemadaman. Dua unit mobil Damkar dikerahkan ke lokasi untuk memadamkan kebakaran rumah korban. Api akhirnya berhasil dipadamkan dan tidak sampai merembet ke ruangan lainnya. Api membakar ruang tamu berikut sejumlah sepeda motor dan perabotan rumah tangga.

"Kerugiannya tiga sepeda motor dan satu sepeda onthel. Penyebab kebakaran diperkirakan konsleting dari aki sepeda motor," jelasnya.

Senada, Kabid Damkar Satpol PP Boyolali, Dono Rumekso, mengatakan kebakaran diperkirakan akibat konsleting dari aki salah satu sepeda motor. Api membesar dan membakar motor d isampingnya dan perabotan rumah di ruangan tersebut.

"Nilai kerugian materiil ditaksir sekitar Rp 100 juta," kata Dono.

(mbr/mbr)