Kawasan Manahan Solo Ditata Mulai April, Para PKL Akan Dipindah?

Ari Purnomo - detikNews
Selasa, 18 Jan 2022 17:40 WIB
Shelter PKL yang berada di kompleks Stadion Manahan Solo.
Shelter PKL yang berada di kompleks Stadion Manahan Solo. Foto: Ari Purnomo/detikcom
Solo -

Pemkot Solo saat ini telah menyiapkan anggaran Rp 15 miliar untuk penataan pedestrian di sekitar kawasan Stadion Manahan. Rencananya, penataan akan dimulai pada April mendatang.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Surakarta Nur Basuki menyampaikan, saat ini penataan kawasan Manahan masih dalam tahap perencanaan.

"Ini masih tahap perencanaan, kalau sudah selesai kemudian dilakukan lelang pelaksanaan," terang Nur saat dihubungi detikcom, Selasa (18/1/2022).

Nur menambahkan, untuk penataan kawasan Stadion Manahan diperkirakan membutuhkan dana mencapai Rp 15 miliar.

"Anggarannya mencapai Rp 15 miliar dan direncanakan akan dimulai April tahun ini," paparnya.

Mengenai konsep penataan pedestrian nantinya, Nur menjelaskan, akan dimulai dari perbaikan drainase. Mulai dari Patung Kuda Manahan (Depan SMPN 1 Surakarta) sampai Jl Menteri Supeno.

Penataan ini juga akan menyasar zona shelter yang saat ini ditempati oleh ratusan PKL.

"Konsep penataannya akan dikembalikan ke fungsi awal yakni sebagai pedestrian. Mengenai (nasib) pedagangnya nanti dari Dinas Perdagangan yang akan mengaturnya," ungkap Nur.

Mengenai nasib shelter PKL, Nur menyampaikan, kemungkinan besar akan dihilangkan. Meski begitu, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Perdagangan untuk memastikan nasib para PKL itu.

"Informasi awal dari wali kota tidak ada shelter, tapi kami belum berkoordinasi dengan Dinas Perdagangan soal pedagang dan shelternya," ucapnya.

"Namun yang pasti penataannya adalah mengembalikan kawasan seperti semula dan sesuai peruntukannya," sambungnya.

(ahr/ams)