Vaksin Booster Gratis Dimulai Besok, DIY Ajukan Guru dkk

Heri Susanto - detikNews
Selasa, 11 Jan 2022 16:27 WIB
Scientists are done research on vaccine in laboratory with test tubes on Covid19 Coronavirus type for discover vaccine.
Ilustrasi vaksin (Foto: Getty Images/iStockphoto/chayakorn lotongkum)
Yogyakarta -

Presiden Joko Widodo memastikan vaksin booster gratis untuk COVID-19 akan diberikan bagi seluruh masyarakat. Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengusulkan gelombang pertama bakal diberikan untuk tenaga pendidik.

"Kami sudah ajukan izin untuk booster tenaga pendidik. Karena untuk kesehatan dan relawan sudah (mendapatkan suntikan vaksinasi booster)," kata Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Kadarmanta Baskara Aji, ditemui wartawan di Kompleks Kepatihan, Kantor Gubernur DIY, Selasa (11/1/2022).

Aji menyebut vaksinasi booster ini akan seperti vaksinasi tahap pertama. Pihaknya akan memberikan vaksinasi secara bergelombang sesuai dengan profesi.

"Karena kesehatan dan relawan sudah, selanjutnya bisa pendidik atau pelayanan publik, kemudian lansia dan seterusnya," jelas Aji.

Dia menyebut vaksin booster untuk DIY sudah mendapatkan lampu hijau dari Pemerintah Pusat. Vaksinasi booster di DIY akan menggunakan Moderna dan Pfizer.

"Untuk vaksinasi booster ada dua, Moderna dan Pfizer," jelasnya.

Dia mengatakan syarat mendapatkan vaksin booster ini bisa diberikan bagi masyarakat yang sudah mendapatkan vaksin tahap pertama dan kedua.

"Jadi (jeda) waktunya ya. Nanti kan kelihatan di p care (PeduliLindungi)," tambahnya.

Dengan syarat itu, kata Aji, masyarakat umum bisa segera mendapatkan booster dengan hanya mengajukan di aplikasi PeduliLindungi.

"Untuk tahap awal ini masih kelompok profesi terlebih dahulu. Baru setelah selesai, saat untuk masyarakat mereka bisa mengajukan ke aplikasi," terang Aji.

(ams/rih)