Ketua Parade Nusantara Sudir Santoso Meninggal Dunia

Ari Purnomo - detikNews
Minggu, 09 Jan 2022 17:02 WIB
Ilustrasi karangan bunga
Ilustrasi. (Foto: Ilustrasi karangan bunga/Foto/: Tim Infografis)
Solo -

Ketua Parade Nusantara Romo Sudir Santoso meninggal dunia, siang hari ini. Sebelumnya, Romo Sudir dijdwalkan akan memimpin acara silaturahmi Aliansi Desa Indonesia (ADI) yang diselenggarakan di Kota Solo.

Kabar meninggalnya Sudir pertama kali diterima salah satu peserta silaturahmi Aliansi Desa Indonesia (ADI) yang digelar di Kota Solo. Panitia pun menghentikan acara sejenak untuk mendoakan almarhum.

Sekjen Parade Nusantara Dimyati Dahlan mengatakan sebelumnya Sudir sempat mengadakan rapat di salah satu hotel di Solo. "Selasa kemarin (4/1), Pak Sudir mengadakan rapat untuk membahas acara yang berlangsung hari ini," kata Dimyati kepada detikcom di Solo, Minggu (9/1/2022).

Dalam rapat tersebut, Sudir sempat menitipkan mandat kepada Dimyati. "Beliau memberikan mandat, 'tolong kawal dan dampingi acara untuk teman-teman'. Akhirnya saya melekat di situ, " ujar Dimyati.

Usai rapat itu, Dimyati melanjutkan, Sudir pulang ke rumahnya di Pati. Pada Jumat (7/1), Dimyati mendapat kabar bahwa Sudir masuk ke rumah sakit di daerah Kudus, Jawa Tengah.

"Saya ditelepon oleh Pak Bahtiar yang memberitahu agar sepenuhnya acara di Solo diserahkan ke saya mendampingi teman-teman. Bapak (Sudir) tidak mungkin bisa ke sana secara teknis dan medis," ucapnya.

Namun Dimyati mengaku tidak tahu secara pasti penyakit yang diderita oleh sosok yang dikenal sebagai bapaknya Kepala Desa dan Perangkat Desa itu. Yang pasti, Sudir dijadwalkan memimpin kegiatan ADI hari ini.

"Beliau mempunyai rencana untuk memimpin silaturahmi ADI, di jadwal undangan nama beliau tercantum. Jumat saya diberitahu bahwa pak Sudir masuk ke RS, melalui asistennya," urainya.

Mengetahui kabar duka tersebut, setelah mengikuti kegiatan ADI, sejumlah peserta langsung bertolak ke rumah almarhum di Pati. Dimyati menyampaikan, sebagai Ketua Parade Nusantara sejak tahun 2009 sampai sekarang Sudir banyak memberikan kiprahnya di Parade Nusantara.

"Beliau masih sangat dibutuhkan sebagai motivator, motor dan pemersatu. Sosok Sudir selama memimpin Parade Nusantara dikenal sebagai bapaknya teman-teman kepala desa perangkat desa," tutur Dimyati.

"Hasil perjuangan beliau sudah bisa dirasakan oleh teman-teman kepala desa dan perangkat desa. Seperti lahirnya UU Desa maupun sebelum lahirnya (UU Desa), kesejahteraan teman-teman juga baik. Beliau sebagai simbol bapaknya orang desa," sambungnya.

Sudir Santoso terpilih menjadi Ketua Parade Nusantara sejak 2009 sampai sekarang.

Simak juga 'Penyanyi Senior Nindy Ellesse Meninggal di Usia 54 Tahun':

[Gambas:Video 20detik]



(dil/sip)