Antisipasi Arus Balik Liburan Nataru, Menhub Gandeng Polres se-Jateng

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Jumat, 31 Des 2021 06:22 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi bersama Kapolda Jateng
Menhub Budi Karya Sumadi bersama Kapolda Jateng. (Foto: Angling AP/detikcom)
Semarang -

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan koordinasi dengan Polda Jateng dan 35 Kapolres di Jawa Tengah. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan kendaraan saat arus balik Tahun Baru.

Koordinasi itu dilakukan di Mapolda Jateng dimana 35 Kapolres maupun Kapolrestabes di Jateng mengikuti secara virtual.

"Kami koordinasi dengan polres di seluruh Jateng. Tegur sapa dengan yang di Kalikangkung, Karanganyar, Wonosobo, Salatiga, Solo. Kita koordinasi. Ini menunjukkan narasi pak Presiden bahwa kita melayani dengan baik, tidak ada putar balik tapi tetap jaga ketat prokes," kata Budi di Mapolda Jateng, Kamis (30/12/2021).

Ia menyebut perkiraan puncak arus balik Tahun Baru terjadi tanggal 1 atau 2 Januari 2022. Gerbang tol Kalikangkung menurut Budi harus jadi perhatian agar bisa dilakukan antisipasi di ruas berikutnya.

"Tanggal 1 dan 2 akan ada arus balik. Kalikangkung jadi perhatian. Tadi minta ke Pak Kapolda dan Kapolrestabes, rinci besaran (jumlah kendaraan) di Kalikangkung. Untuk diantisipasi di Jateng," ujarnya.

Kapolda Jateng, Irjen Ahmad Luthfi menjelaskan antisipasi kepadatan kendaraan sudah disiapkan. Ia menegaskan tidak ada putar balik namun gate tol akan dibuka jika lalu lintas padat.

"Misal di Kalikangkung. Di gate sudah siapkan manakala terjadi penumpukan arus maka semua gate buka atau dengan contra flow," kata Luthfi.

(alg/mbr)