Nekat Culik Istri, Suami di Blora Sewa Penculik Bayaran

Febrian Chandra - detikNews
Rabu, 29 Des 2021 18:09 WIB
Suami nekat menculik istrinya sendiri di Blora
Suami nekat menculik istrinya sendiri di Blora (Foto: Febrian Chandra/detikcom)
Blora -

Seorang pria di Blora Jawa Tengah, berinisial MUS (27) ditangkap polisi karena nekat menculik istrinya sendiri, SNW (22). Dia bahkan menyewa jasa penculik bayaran.

"Otak pelaku pencurian adalah suaminya sendiri yakni MUS (27). Untuk menjalankan aksinya, si suami menyewa jasa ke seseorang untuk melakukan aksi penculikan dengan imbalan sejumlah uang," kata Kasat Reskrim Polres Blora AKP Setiyanto saat menggelar konferensi pers, Rabu (29/12/2021).

"Sedangkan korban atau istrinya adalah SNW (22) warga Kecamatan Kradenan, Kabupaten Blora," sambungnya.

Setiyanto menyebut total ada enam pelaku penculikan terhadap SNW. Tiga di antaranya sudah ditangkap yakni MUS (27), MOS (33), dan S (43), sedangkan sisanya masih buron.

"Dari enam tersangka kita sudah amankan tiga orang termasuk si suami. Tiga orang lainnya masih buron dan dalam pengejaran," katanya.

Setiyanto menyebut mulanya suami korban, meminta bantuan MOS untuk mencari orang yang bisa dibayar untuk menculik istrinya. Dia pun menyanggupi bayaran senilai puluhan juta.

"Awalnya tersangka MUS meminta bantuan MOS untuk mencarikan orang yang mau dibayar untuk menculik korban SNW dengan iming-iming upah," katanya.

"Setelah itu tersangka MOS mengajak tersangka S untuk mencari tiga orang lagi. Setelah mendapatkan orang yang mau melakukan tugas tersebut, kemudian tersangka MUS mengajak berkumpul para tersangka lain untuk merencanakan penculikan tersebut," tambahnya.

Penculikan itu terjadi saat Kamis (23/12) pagi. Kala itu para tersangka sudah menunggu korban di depan Pengadilan Negeri Agama Blora untuk membuntutinya.

"Saat sampai di Jalan Blora Randublatung turut Desa Semanggi Kecamatan Jepon Kabupaten Blora, setelah para pelaku menganggap situasi aman, kemudian para pelaku langsung menyalip mobil korban dan saat itu mobil tersangka langsung menghadang di depan mobil korban," beber Setiyanto.

Dia menceritakan para pelaku kemudian turun dari mobil sambil membawa senjata tajam dan menghampiri korban. Dalam upaya paksa membawa korban (SNW) para tersangka mengancam para korban dengan senjata tajam berupa celurit, dan pedang. Tersangka juga menyetrum korban dengan alat setrum yang sudah disiapkan.

"Akhirnya korban SNW berhasil dibawa dengan kendaraan tersangka ke arah Randublatung. Dan tersangka MUS, (suami korban), mengamati dari kejauhan," ungkapnya.

Kemudian korban SNW diserahkan kepada suaminya MUS. MUS pun lalu menyerahkan uang yang sudah dijanjikan kepada penculik bayarannya itu.

"Selama disekap oleh suaminya, SNW diajak bersembunyi dengan berpindah pindah tempat dari hutan kayu putih kemudian berpindah lagi ke kandang ayam dan pindah lagi ke gubuk persawahan jagung di wilayah Kabupaten Bojonegoro," terang Setiyanto.

Atas perbuatannya, suami korban dan dua rekannya dijerat dengan Pasal 328 KUHP dan atau 170 ayat 1 KUHP dengan ancaman pidana maksimal 12 tahun penjara.

Lihat juga Video: Geger! Wanita Diduga Culik Anak di Sulut, Polisi: Pelaku Depresi

[Gambas:Video 20detik]



(ams/sip)