93 Santriwati di Brebes Muntah-Diare Usai Santap Makanan Bantuan

Imam Suripto - detikNews
Jumat, 24 Des 2021 14:53 WIB
Santriwati yang masih dirawat di rumah sakit usai keracunan makanan
Santriwati yang masih dirawat di rumah sakit usai keracunan makanan (Foto: Imam Suripto/detikcom)
Brebes -

Sebanyak 93 santriwati Pondok Pesantren (Ponpes) Assalafiyah, Desa Luwungragi, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes, mengalami keracunan usai menyantap makanan bantuan dari dermawan. Kini mereka menjalani perawatan di rumah sakit.

Para santriwati itu masing-masing dirawat di RSUD Brebes, Rumah Sakit Bhakti Asih, Rumah Sakit Dedy Jaya, RS Harapan Sehat, Klinik Mahmudah, dan Puskesmas Siwuluh. Ada 11 santriwati yang dirawat di RSUD Brebes, delapan santriwati di antaranya siang ini sudah diperbolehkan pulang.

"Totalnya ada ada 93 santriwati kami yang harus menjalani perawatan di rumah sakit, setelah menyantap makanan bantuan dari orang," ungkap Pengurus Yayasan Assalafiyah Luwungragi Abdul Haris kepada wartawan di Brebes, Jumat (24/12/2021).

Haris menyebut hingga kemarin siang, sebagian santrinya masih menjalani perawatan di rumah sakit, dan sebagian sudah pulang karena kondisinya dinilai membaik. Peristiwa ini bermula saat para santri memakan makanan yang diberikan oleh dermawan.

"Ada santriwati yang sedang menjalankan puasa sunah Senin-Kamis jadi untuk buka puasa. Ada yang langsung dimakan untuk makan siang. Sekitar pukul 24.00 WIB, para santriwati yang mengonsumsi masakan udang itu mengeluh mual-mual dan muntah, bahkan ada yang mengalami diare," ungkap Haris.

Haris menyebut para santriwati itu lalu dilarikan ke rumah sakit terdekat. Namun, karena jumlahnya mencapai puluhan orang maka mereka dibagi ke beberapa rumah sakit.

Pengasuh Ponpes Assalafiyah Luwungragi lainnya, Aznah menuturkan bantuan makanan yang diterima tersebut berupa masakan udang dan tumis sayuran. Aznah menyebut makanan itu tidak basi tapi berbau obat.

"Kalau makanannya tidak basi, tetapi memang berbau obat," ujar Aznah.

Terpisah, Kabid Pelayanan Medis RSUD Brebes Susilowati menjelaskan, para santriwati ini mengalami keracunan makanan. Mereka mengalami gejala seperti diare dan muntah-muntah.

"Mereka mengalami keracunan makanan, gejalanya diare, pusing, dan muntah-muntah. Kalau pengakuan santri dari menu udang dan tumis buncis," terang Susilowati.

Terpisah, Kasat Reskrim Polres Brebes AKP Syuaib Abdulah mengaku sedang mengumpulkan keterangan terkait kasus ini. Pihaknya juga sudah mengambil sampel makanan untuk diperiksa lebih lanjut.

"Kasus ini ditangani Unit PPA kami masih proses pemeriksaan," terang Syuaib.

Lihat juga video 'Belasan Siswa SMK di Tulungagung Keracunan Makanan':

[Gambas:Video 20detik]



(ams/rih)