Keuskupan Agung Semarang Terapkan PPKM Level 3 Saat Natal

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Kamis, 23 Des 2021 21:52 WIB
Wakil Uskup Agung Semarang Romo Edy Purwanto menerima kunjungan Kapolrestabes Semarang Kombes Irwan Anwar, Kamis (23/12/2021).
Wakil Uskup Agung Semarang Romo Edy menerima kunjungan Kapolrestabes Semarang Kombes Irwan Anwar, Kamis (23/12/2021) (Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom)
Semarang -

Keuskupan Agung Semarang akan menggunakan aturan PPKM Level 3 dalam perayaan Natal 2021 untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19. Hal itu disampaikan Vikaris Jendral atau Wakil Uskup Agung Semarang, Romo Edy Purwanto.

Romo Edy mengatakan meski pemerintah sudah membatalkan penerapan PPKM level 3 di seluruh Indonesia saat Natal dan Tahun Baru (Nataru), ia menegaskan pihaknya akan tetap menggunakannya dalam perayaan Natal.

"Walaupun ada perubahan dari pemerintah, kami mengacu pada instruksi Menteri Dalam Negeri yang menegaskan PPKM level 3 diterapkan di seluruh Indonesia," kata Romo Edy di Keuskupan Agung Semarang saat menerima kunjungan Kapolrestabes Semarang Kombes Irwan Anwar, Kamis (23/12/2021).

Penerapan aturan tersebut yaitu antara lain kapasitas gereja 50 persen. Padahal di Kota Semarang sudah menetapkan PPKM level 1 dan memperbolehkan kapasitas 75 persen.

"Level 3 hanya di Keuskupan Agung Semarang menjamin semua aman semua sehat," ujarnya.

Sementara itu Kapolrestabes Semarang Kombes Irwan Anwar dalam kunjungannya mengatakan komunikasi antarsektor dan tokoh agama sudah dilakukan terkait pengamanan selama Nataru. Ia memastikan pengamanan sudah dipersiapkan dengan baik.

"Memang menjelang perayaan Natal dan tahun baru komunikasi itu perlu ditingkatkan terkait aktivitas yang pastinya meningkat. Kami juga sudah menggelar apel gelar pasukan untuk memastikan kesiapan personel baik sarana dan prasarana mengamankan Natal dan tahun baru," tegas Irwan.

(alg/rih)