ADVERTISEMENT

Duh! Vaksinasi di 6 Desa Brebes Batal Gegara Petugas Puskesmas Piknik

Imam Suripto - detikNews
Senin, 20 Des 2021 17:53 WIB
Puskesmas Tonjong Brebes
Puskesmas Tonjong Brebes (Foto: Imam Suripto/detikcom)
Brebes -

Pelaksanaan vaksinasi virus Corona atau COVID-19 di enam desa di Kecamatan Tonjong, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, hari ini batal mendadak. Musababnya, petugas vaksinator ternyata sedang piknik ke luar kota.

Hal ini diungkapkan Camat Tonjong, Cecep Aji Suganda. Cecep menyebut rencananya ada enam desa yang akan melakukan vaksinasi hari ini, yakni Desa Linggapura, Desa Pepedan, Desa Purwodadi, Desa Negarayu, Desa Kalijurang dan Desa Galuhtimur.

"Rencana hari ini enam desa di wilayah Kecamatan Tonjong yang akan vaksin. Tapi dibatalkan karena petugas dari puskesmas sedang wisata di Yogyakarta," kata Cecep saat dimintai konfirmasi, Senin (20/12/2021).

Cecep menyayangkan pembatalan program vaksinasi yang mendadak ini. Menurutnya, acara piknik petugas puskesmas atau vaksinator ini melanggar instruksi Bupati Brebes dalam percepatan vaksinasi.

"Sesuai instruksi bupati kegiatan percepatan vaksin dilaksanakan sampai dengan tanggal 24 Desember 2021 dan harus dilaksanakan setiap hari," terang dia.

Di sisi lain, pembatalan mendadak ini membuat kecewa para perangkat desa. Sebab, masing-masing perangkat desa sudah berupaya untuk mempersiapkan program ini, termasuk mengerahkan warga agar berminat datang ke acara vaksin di balai desa.

"Yang jelas mereka tidak memberitahu akan pergi ke luar kota, karena panitia dari desa sudah menyiapkan semuanya. Mereka juga sudah mengerahkan warga agar mau vaksin. Tapi setelah panitia siap, ternyata petugasnya tidak ada yang datang," keluh Cecep.

Diwawancara terpisah, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kabupaten Brebes Imam Budi Santoso mengaku bakal mengecek informasi ini.

"Tadi sudah dengar soal ini, nanti akan kita ditindaklanjuti. Saya koordinasikan dulu kenapa dibatalkan," kata Imam singkat.

(ams/rih)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT