Penumpang Cerita Detik-detik Pintu Darurat Pesawat Tujuan Blora Dibuka

Febrian Chandra - detikNews
Senin, 20 Des 2021 17:28 WIB
Penerbangan komersil di bandara Ngloram berjalan sukses. Dengan menggunakan maskapai Citilink, penumpang mendarat di bandara Ngloram pukul 11.45 WIB.
Ilustrasi (Foto: Febrian Chandra)
Blora -

Maskapai Citilink dengan nomor penerbangan QG 1184 tujuan Bandara Ngloram Blora batal terbang dari Jakarta gegara pintu daruratnya dibuka penumpang. Salah seorang penumpang pun mengungkapkan detik-detik dibukanya pintu darurat pesawat itu.

"Iya, batal berangkat salah satu penumpang membuka pintu darurat sesaat pesawat mau berangkat," kata Purwondo saat dihubungi detikcom, Senin (20/12/2021).

Purwondo merupakan salah satu rombongan kepala desa yang hendak pulang usai mengikuti acara bimbingan teknis (Bimtek) di Jakarta.

"Penumpangnya berisi dari para kepala desa dari kecamatan Kradenan, Tunjungan dan Kunduran yang usai menjalani acara Bimtek. Kebetulan ini kloter ke-5, termasuk saya," kata Kades Ngrawoh, Blora ini.

Peristiwa itu bermula ketika pramugari pesawat sedang menjelaskan prosedur keamanan saat naik pesawat. Saat itulah, kata Purwondo, salah seorang kades peserta rombongan mendadak membuka pintu darurat.

"Awalnya setelah pramugari menjelaskan tentang teknis keamanan di dalam pesawat. Namun tiba-tiba ada salah satu kepala desa membuka pintu darurat. Saya rasa yang bersangkutan tidak tahu atau iseng atau merasa sumuk (gerah) terus dibuka," kata Purwondo sembari tertawa terkekeh.

Akibat peristiwa itu penerbangan yang dijadwalkan lepas landas pukul 09.45 WIB sempat ditunda selama 2 jam. Namun, kemudian penerbangan itu dibatalkan.

"Sempat disuruh menunggu selama 2 jam. Namun akhirnya di-cancel. Namun sebelumnya pihak maskapai sempat menawarkan penerbangan menuju ke Juanda, Surabaya. Ada sebagian yang ikut ada sebagian memilih naik kereta untuk pulang ke Blora," terangnya.

Sementara itu, Kepala Satuan Kerja (Kasatpel) Bandara Ngloram, Abd Rozak membenarkan penerbangan Citilink dari Jakarta hari ini dibatalkan. Alasannya ada penumpang yang membuka pintu darurat.

"Betul, (penerbangan Citilink) dibatalkan karena ada sesuatu teknis. Info yang saya terima karena ada penumpang membuka pintu darurat," ungkap Rozak saat dimintai konfirmasi, hari ini.

Rozak menerangkan perlu waktu untuk melakukan pengecekan tekanan udara setelah pintu darurat dibuka.

"Tidak bisa ditutup terus lanjut terbang. Harus dicek, karena terkait tekanan udara di dalam kabin ada kebocoran atau tidak. Itu perlu waktu untuk melakukan pengecekan," ungkapnya.

Lihat juga Video: Pria Asal Lamongan Bisa Bikin Pesawat Terbang, Ini Penampakannya

[Gambas:Video 20detik]



(ams/mbr)