Kudus Nol Kasus Virus Corona Hari Ini, Warga Diminta Tetap Waspada

Dian Utoro Aji - detikNews
Senin, 20 Des 2021 17:06 WIB
Ilustrasi Cegah Gelombang Ketiga Corona
Ilustrasi kasus virus Corona (Foto: Infografis detikcom)
Kudus -

Kasus positif virus Corona atau COVID-19 di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, per hari ini nol. Meski demikian, Dinas Kesehatan Kudus meminta warga agar tetap waspada soal penyebaran virus Corona.

"Iya untuk hari ini nol kasus konfirmasi Corona di Kudus," kata Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kudus, Nasiban, kepada detikcom lewat telepon, Senin (20/12/2021).

Nasiban mengatakan kasus terkonfirmasi virus Corona di Kudus sudah mulai mereda sejak bulan September 2021 lalu, bahkan sudah beberapa kali nol kasus. Namun pada bulan Oktober hingga Desember 2021 ada penambahan kasus konfirmasi Corona. Menurutnya penambahan kasus Corona tidak lebih dari dua orang.

"Mulai September kasus sudah ada yang nol dan kalau cuma sedikit bulan Oktober sudah 0 dan ada 1 kasus baru per hari beberapa kali," terang dia.

"Dulu ada satu kasus konfirmasi positif COVID-19, ada nol gitu, jadi tidak pernah lebih dari dua kasus baru konfirmasi Corona. Soal kasus kematian terakhir di Ploso, itu ada penyakit penyerta," sambung Nasiban.

Dia menjelaskan meski kasus penyebaran Corona di Kudus mereda, upaya testing terus dilakukan. Hal tersebut sebagai upaya untuk memutus penyebaran COVID-19. Apalagi ditemukan COVID-19 varian Omicron.

"Jadi pemeriksaan tetap banyak, kita tracking maupun skrining itu memang tidak ada yang positif memang, negatif. Baik PCR maupun yang antigen," jelasnya.

"Kita kan kalau ada positif tetap kirim WGS (whole genome sequencing), ada satu pasien kita kirim WGS, jadi memang nanti positif kita kirim WGS, kalau ada satu biar cepat penanganan, sejauh ini belum ada (temuan kasus COVID-19 varian Omicron)," sambung Nasiban.

Sementara itu, data corona.kudus per Senin (20/12) pukul 15.00 WIB kasus terkonfirmasi Corona nol. Adapun satu orang dinyatakan sembuh dari COVID-19.

Secara keseluruhan kasus konfirmasi Corona di Kudus mencapai 16.738 orang, terdiri dari 15.355 orang sembuh dan 1.383 meninggal dunia terkonfirmasi COVID-19.

(rih/ams)