Ini Hal Memberatkan dan Meringankan Vonis Mbah Minto Demak

Mochamad Saifudin - detikNews
Rabu, 15 Des 2021 18:51 WIB
Mbah Minto divonis 1 tahun 2 bulan penjara oleh Pengadilan Negeri (PN) Demak, Jawa Tengah, Rabu (15/12/2021).
Mbah Minto divonis 1 tahun 2 bulan penjara oleh Pengadilan Negeri (PN) Demak, Jawa Tengah, Rabu (15/12/2021). Foto: Mochamad Saifudin/detikcom
Demak -

Kasmito alias Mbah Minto (75) divonis 1 tahun 2 bulan bui oleh Pengadilan Negeri (PN) Demak, Jawa Tengah. Salah satu hal yang memberatkan Mbah Minto dinilai mengakibatkan korban menderita.

"Menimbang sebelum majelis hakim menjatuhkan hukuman pidana sebagaimana yang disebutkan dalam sidang putusan ini. Dipertimbangkan pula keadaan meringankan dan keadaan yang memberatkan pada diri terdakwa sebagai berikut," terang Ketua Majelis Hakim, M Deny Firdaus, Rabu (15/12/2021).

"Keadaan yang memberatkan, perbuatan terdakwa mengakibatkan penderitaan bagi saksi korban," sambung Deny.

Di sisi lain, hakim juga mempertimbangkan hal yang meringankan dari kasus Mbah Minto. Di antaranya lanjut usia dan mengakui perbuatannya.

"Keadaan meringankan, terdakwa belum pernah dihukum, terdakwa sudah lanjut usia, terdakwa mengakui perbuatannya," tutur Deny.

Sebelumnya diberitakan, Mbah Minto divonis 1 tahun 2 bulan bui karena kasus pembacokan. Mbah Minto yang membela diri melawan pencuri itu dinilai terbukti bersalah melakukan penganiayaan yang mengakibatkan luka berat.

"Mengadili, satu menyatakan Kasmito bin Alm Jasmani tersebut di atas, terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana penganiayaan yang mengakibatkan luka berat sebagaimana dalam dakwaan tuntutan," kata Deny.

"Menjatuhkan pidana kepada terdakwa, oleh karena itu dengan pidana penjara selama 1 tahun dan 2 bulan," sambung Deny.

Majelis hakim menyatakan Mbah Minto terbukti bersalah melanggar Pasal 351 ayat (2) KUHP.

(ams/rih)