Catat, Lur! Ini Jadwal Vaksinasi Anak 6-11 Tahun di Solo

Ari Purnomo - detikNews
Rabu, 15 Des 2021 17:17 WIB
Ilustrasi Vaksinasi Anak
Ilustrasi Vaksinasi Anak (Foto: detikcom)
Solo -

Pemerintah Kota (Pemkot) Solo memastikan jadwal vaksinasi untuk anak di usia 6-11 tahun digelar tahun ini. Vaksinasi bagi anak usia SD-SMP ini bakal dilaksanakan mulai 21 Desember 2021.

"Untuk jadwal vaksinnya tanggal 21 Desember. Ya libur semester dulu diselingi dengan vaksinasi," terang Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka kepada wartawan di Balai Kota, Rabu (15/12/2021).

Gibran menyebut, vaksinasi anak ini akan digelar di sekolah masing-masing siswa. Sehingga, jika nantinya siswa yang libur bisa diantar ke sekolah untuk vaksin.

"Kalau libur, vaksinasi (siswa) didatangkan ke sekolah, untuk pelaksanaannya seperti vaksin BIAS," ucapnya.

Gibran berharap bisa segera menyelesaikan target vaksinasi anak usia 6-11 tahun. Meski begitu, dia berharap ada stok vaksin yang tersedia untuk menuntaskan terget tersebut.

"Target tergantung suplai vaksin ke kita, kalau dapatnya banyak ya cepat. Anak-anake ya akeh (anak-anaknya ya banyak)," tuturnya.

Gibran menjelaskan pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 tahun ini bersamaan dengan jadwal vaksinasi kelompok lainnya. Dia berharap semua target vaksinasi tercapai.

"Ini berbagi SDM dengan dosis kedua, jalan sama-sama. Surveilans juga jalan, tenang saja," ungkap Gibran.

Terpisah, Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Solo Dwi Ariyatno menyampaikan, pelaksanaan vaksinasi akan dilakukan bersamaan dengan libur semester.

"Sesuai jadwal kalender akademik, libur semesteran mulai tanggal 20-31 Desember 2021. Nanti selama liburan akan ada jadwal vaksinasi," ucap Dwi.

Dwi mengatakan ada sekitar 57 ribu siswa usia 6-11 tahun yang ditargetkan mengikuti vaksinasi ini. Dengan rincian, siswa yang merupakan warga Solo sebanyak 56 ribu, dan sisanya merupakan warga luar Solo.

"Sekitar 3 ribu anak sudah menerima vaksin karena usianya sudah memenuhi syarat, sehingga vaksin lebih awal," ucap Dwi.

"Dengan begitu maka sisanya sekira 53 ribu anak. Kami juga mendata siswa PAUD yang sudah 6 tahun, ada lebih kurang 4 ribu anak, jadi totalnya perkiraan 57 ribu anak," urainya.

Simak video 'Jokowi Tinjau Vaksinasi Anak 6-11 Tahun Bareng Anies-Nadiem':

[Gambas:Video 20detik]



(ams/sip)