Mbah Minto Jalani Sidang Putusan, Warga Datangi PN Demak Beri Dukungan

Mochamad Saifudin - detikNews
Rabu, 15 Des 2021 15:07 WIB
Warga datangi PN Demak beri dukungan Mbah Minto yang dijadwalkan jalani sidang putusan, Rabu (15/12/2021).
Warga datangi PN Demak beri dukungan Mbah Minto yang dijadwalkan jalani sidang putusan, Rabu (15/12/2021). Foto: Mochamad Saifudin/detikcom
Demak -

Kasmito atau Mbah Minto (75) dijadwalkan menjalani sidang agenda putusan hakim usai dituntut 2 tahun penjara terkait kasus membacok pencuri, hari ini. Puluhan warga mendatangi lokasi sidang di Pengadilan Negeri (PN) Demak untuk memberi dukungan kepada Mbah Minto.

"Ini dua kloter, tadi (datang) sekitar jam 11.00 WIB. Kalau (rombongan) saya datang habis zuhur berangkat. 50 orang lebih, seratusan," kata perwakilan warga Desa Pasir, Kecamatan Mijen, Demak, Mahfudh Amrillah (38), di PN Demak, Rabu (15/12/2021).

Mahfudh mengatakan bahwa semua warga Desa Pasir mendukung Mbah Minto bisa bebas dari tuntutan pidana. Guna menjaga suasana kondusif, lanjutnya, hanya perwakilan warga yang datang ke PN Demak.

"Ketika memungkinkan datang, yang mendukung semua warga Pasir datang. Cuma takutnya kalau datang semua menimbulkan suasana kurang kondusif, maka ini perwakilan saja. Mulai dari lapisan bawah, petani, semua ikut mendukung atas kebebasan Mbah Minto," terang Mahfudh.

Pihaknya menginginkan Mbah Minto bebas dari tahanan, atau setidaknya mendapatkan hukuman seringan-ringannya.

"Yang diminta warga Pasir sebenarnya bebas. karena ini hukum, coba ini kita ikuti saja, yang diinginkan iktikad kita adalah semoga yang diputuskan keputusannya itu seringan-ringannya bagi Mbah Minto," jelasnya.

"Warga Desa Pasir menginginkan bahwasanya Mbah Minto ini kalau bisa dibebaskan, ya kalau tidak bisa ya dihukum seringan-ringannya," sambungnya.

Ia menjelaskan bahwa sosok Mbah Minto di masyarakat tidak pernah melakukan hal yang aneh atau tidak neko-neko. Meski begitu, Mahfudh menyebut orangnya tidak diam saat disakiti.

"Sosoknya tidak neko-neko, Mbah Minto piyantune alus (orangnya halus), namanya orang halus tapi kalau sampean kasari, nah itu. Diam-diam menghanyutkan," ujarnya.

Ia menerangkan alasan warga meminta Mbah Minto dihukum seringan-ringannya lantaran membela diri. Lalu pertimbangan usia Mbah Minto yang sudah lanjut usia.

Simak video 'Mbah Minto Dituntut 2 Tahun Gegara Bacok Pencuri, Warga Beri Dukungan':

[Gambas:Video 20detik]



Selengkapnya di halaman selanjutnya.