Dikunjungi Jokowi, Pedagang Pasar Kertek Wonosobo Keluhkan Omzet Turun

Uje Hartono - detikNews
Selasa, 14 Des 2021 17:50 WIB
Presiden Jokowi kunjungi Pasar Kertek, Wonosobo, Selasa (14/12/2021).
Presiden Jokowi dan Iriana kunjungi Pasar Kertek, Wonosobo, Selasa (14/12/2021). (Foto: dok Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden)
Wonosobo - Pedagang Pasar Kertek, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, mengeluhkan omzet yang menurun drastis selama pandemi COVID-19. Hal ini disampaikan saat kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta Ibu Negara Iriana hari ini.

Kepala Pasar Kertek, Nyuhono, mengatakan bahwa pandemi COVID-19 memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap omzet dan pendapatan para pedagang di Pasar Kertek. Apalagi pada tiga bulan pertama pandemi, para pedagang tidak bisa berjualan sama sekali.

"Untuk omzet dan pendapatan menurun drastis sampai 50 persen. Tapi pedagang ya mungkin ada yang nggak jualan karena banyak yang nggak laku, tapi pengaruh pandemi sangat berpengaruh sekali," ujar Nyuhono, melalui Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Selasa (14/12/2021).

Pada kesempatan tersebut, Nyuhono juga menyampaikan harapannya agar pasar yang dibangun tahun 1995 tersebut bisa direvitalisasi. Menurutnya, kondisi pasar saat ini sudah kurang baik karena banyak sarana dan prasarana yang rusak.

"Harapan ke depannya seandainya pembangunan bisa berjalan nanti mungkin dijadikan pasar tradisional dan modern. Jadi ada zonasi-zonasi atau pengelompokan pedagang. Pakaian sendiri, sembako sendiri, daging sendiri, seperti itu harapannya," ungkapnya.

Sementara itu, salah seorang pedagang warung, Rahmawati, mengungkapkan kegembiraannya karena Pasar Kertek didatangi Kepala Negara dan Ibu Negara. Ia pun berharap Pasar Kertek bisa makin maju ke depannya.

"Mudah-mudahan Pasar Kertek pasar sayurnya tambah maju biar warung saya tambah ramai," ujar Rahmawati.

Dalam kunjungan ini, Jokowi menyerahkan bantuan tunai untuk pedagang kaki lima dan warung yang sehari-hari berjualan di Pasar Kertek. Tambahan modal tersebut diharapkan dapat membantu para pedagang untuk mengembangkan usahanya yang terdampak pandemi COVID-19.

Turut mendampingi Jokowi dan Iriana saat mengunjungi Pasar Kertek yaitu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat. (rih/sip)