Keren! Anak SD Ini Galang Dana Korban Erupsi Semeru-Sumbang Celengan

Robby Bernardi - detikNews
Sabtu, 11 Des 2021 06:00 WIB
Para murid SDN Denasri Wetan 02, Kabupaten Batang menyumbangkan celengan hingga mainan untuk korban erupsi Gunung Semeru
Para murid SDN Denasri Wetan 02, Kabupaten Batang menyumbangkan celengan hingga mainan untuk korban erupsi Gunung Semeru (Foto: Robby Bernardi/detikcom)
Batang -

Para murid SD Negeri Denasri Wetan 02, Kabupaten Batang, Jawa Tengah menggalang aksi peduli korban erupsi Gunung Semeru. Mereka menyumbangkan tabungannya untuk disumbangkan kepada para korban.

Salah satu murid SD kelas 3 SD, Stafira Aqila Marsudi (8) membawa sebuah celengan yang terbuat dari tanah liat. Saat aksi peduli digelar, Rara sapaannya, pun menyerahkan celengan yang dia tabung sejak kelas 1 SD itu.

"Bawa tabungan celengan. Untuk membantu teman-teman di sana (korban bencana erupsi Semeru)," kata Rara saat ditemui Kamis (9/10/2021) lalu.

Rara mengatakan tujuannya menabung mulanya untuk membeli sepeda. Namun, setelah tahu ada bencana erupsi Gunung Semeru di Lumajang, dia memilih mengikhlaskan tabungannya untuk membantu para korban.

"Setiap hari menabung, rencananya untuk beli sepeda. Tidak apa-apa untuk teman-teman saya di sana. Saya ikhlas kok," katanya.

Tak hanya Rara, ada juga puluhan siswa lainnya yang menyumbangkan uang jajannya, makanan, maupun mainan. Mereka berharap sumbangan ini bisa meringankan beban teman-teman mereka yang menjadi korban erupsi Gunung Semeru.

"Saya bawa jajan, tadi beli di warung. Beli jajan pakai tabungan sendiri untuk teman-teman di Semeru," kata Lailatul Ramadhani yang duduk di kelas 5 ini.

Lailatul berharap, agar teman-teman seusianya tetap semangat dan tabah meski tengah diuji bencana erupsi Gunung Semeru.

"Tetap semangat buat teman-teman di sana ya. Kita berdoa untuk kalian dan tetap semangat," harap dia.

Para murid SDN Denasri Wetan 02, Kabupaten Batang menyumbangkan celengan hingga mainan untuk korban erupsi Gunung SemeruPara murid SDN Denasri Wetan 02, Kabupaten Batang menyumbangkan celengan hingga mainan untuk korban erupsi Gunung Semeru Foto: Robby Bernardi/detikcom

Terpisah, Kepala SDN Denasri Wetan 02, Esti Yuni P, menjelaskan aksi peduli korban erupsi Semeru ini justru berasal dari ide murid-muridnya.

"Kalau idenya justru dari mereka sendiri. Katanya kasihan, gimana cara membantunya. Dari inilah, kita lakukan aksi peduli ini," kata Esti.

Dia menerangkan aksi peduli korban erupsi Gunung Semeru ini pun baru bisa dilaksanakan usai ujian sekolah. Pihaknya pun tidak membatasi bantuan yang diberikan para murid.

"Apapun, kita hargai. Ada yang bawa jajan makanan kering, mainan, bahkan tadi ada yang bawa tabungan. Kita kumpulkan dan langsung kita salurkan ke PMI Kabupaten Batang," jelasnya.

Dalam aksi tersebut, murid-murid SD setempat juga membawa pamflet yang berisi memberikan semangat untuk teman-temanya yang terdampak erupsi Gunung Semeru. Terpisah, pengurus PMI Kabupaten Batang, Sucipto mengaku terharu dengan aksi para siswa SD ini.

"Hari ini kita diketuk hatinya oleh anak-anak kita dengan kegiatan ini. Ini semuanya akan kita tampung dan jadikan satu dengan bantuan yang kemarin juga sudah digalang oleh warga Batang," kata Sucipto.

Simak juga video 'PKL Malioboro Patungan Donasi untuk Korban Erupsi Gunung Semeru':

[Gambas:Video 20detik]



(ams/ams)