Duh! Banyak Granit di Jalan Menara Kudus yang Rusak-Copot

Dian Utoro Aji - detikNews
Jumat, 10 Des 2021 14:57 WIB
Penampakan granit yang rusak dan copot di Jalan Menara Kudus
Penampakan granit yang rusak dan copot di Jalan Menara Kudus, Jumat (10/12/2021) (Foto: Dian Utoro Aji/detikcom)
Kudus -

Kondisi granit di Jalan Menara kawasan Menara Kudus, Jawa Tengah, banyak yang rusak bahkan ada yang copot. Seperti apa penampakannya?

Area Jalan Menara Kelurahan Kauman Kecamatan Kota atau kawasan Menara Kudus dipasang granit sejak tahun 2017 silam. Namun saat ini kondisinya banyak yang rusak.

Pantauan detikcom di lokasi, ada puluhan titik granit kawasan Menara Kudus yang rusak. Tidak sedikit bahkan granit sudah copot dan tinggal tanah saja. Akibatnya terdapat lubang menganga di jalan.

Pengendara sepeda motor atau tukang becak pun harus hati-hati saat melintas. Terlihat sejumlah pengendara sengaja menghindari area jalan yang menganga tersebut.

Salah satu warga, Rohayati, menuturkan granit di kawasan Jalan Menara Kudus sering rusak. Rohayati menyebut hingga kini belum ada perbaikan.

"Ini rusak sudah lama ya, sebulan lebih. Banyak yang kejeglong kalau melintas ini, ini lama sudah belum ada perbaikan," kata Rohayati saat ditemui detikcom di lokasi, Kudus, Jumat (10/12/2021).

Hal senada juga disampaikan pemotor bernama Intan Nisa. Intan mengaku tidak nyaman ketika melintas di jalan tersebut.

"Harusnya ini diperbaiki ya dari dinas terkait. Ini kan jalan umum juga, buat jalan di kawasan Menara Kudus. Biar tidak ada kendala atau apa gitu. Ini sangat tidak nyaman," keluh Intan ditemui di lokasi siang ini.

Diwawancarai terpisah, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Kudus Arief Budi Siswanto memastikan akan segera memperbaiki granit yang rusak di kawasan Jalan Menara. Dia menyebut kerusakan ini terjadi karena tidak adanya anggaran perawatan dari pemerintah daerah.

"Upaya perbaiki, karena perawatan rutin nol, sehingga berdampak itu juga. Kita nanti akan lakukan perbaikan secepatnya," jelas Arief kepada detikcom lewat telepon siang ini.

Menurutnya granit yang berada kawasan Menara tersebut cukup lama. Hal ini pun diperkirakan menyebabkan banyak yang rusak.

"Ya karena usia konstruksi juga ya," sambung dia.

(ams/rih)