ADVERTISEMENT

Kerabat Bilang Suksesi Mangkunegara Belum Tentu Januari, Ini Alasannya

Ari Purnomo - detikNews
Jumat, 10 Des 2021 14:34 WIB
Kedua putra Mangkunegara IX, yakni GPH Paundrakarna Jiwa Suryanegara dan GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo sempat berfoto bersama di pusara sang ayah.
Kedua putra Mangkunegara IX, yakni GPH Paundrakarna Jiwa Suryanegara dan GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo sempat berfoto bersama di pusara sang ayah. (Foto: Andika Tarmy/detikcom Foto: Andika Tarmy/detikcom)
Solo -

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengungkap bocoran suksesi Mangkunegaran bakal digelar Januari tahun depan. Namun, pihak kerabat Pura Mangkunegaran menyebut rencana itu masih belum pasti.

"Belum pasti (Januari) kita masih menunggu satu pendapat dari Johor, Malaysia saudara ke-9, adiknya (MN IX)," terang Wedhana Satrio Pura Mangkunegaran, Lilik Priarso Tirtodiningrat, kepada wartawan, Jumat (10/12/2021).

Lilik belum bisa memastikan tanggal pasti saudara mendiang Mangkunegara IX itu akan kembali ke tanah air. Mengingat kondisi pandemi di Malaysia belum stabil.

"Kuala Lumpur ini kan juga di sana masih pandemi jadi nanti repot ke sini. Nunggu adik almarhum, kerukunan kita jaga," ujarnya.

Lilik menyampaikan suksesi Mangkunegaran membutuhkan berbagai persiapan. Pihaknya pun tidak bisa memastikan persiapan suksesi rampung tepat setelah 100 hari mangkatnya KGPAA Mangkunegara IX.

Dia lalu mencontohkan momen suksesi Mangkunegara IX. Saat itu, waktu yang dibutuhkan untuk mencari penerus Mangkunegara VIII juga tidak sebentar.

"Lha wong dari MN VIII ke IX waktunya lama nggak masalah juga. Persiapan lain-lain, kepanitiaan kita bentuk acaranya, agar penobatannya tidak sak-sak e (asal-asalan)," paparnya.

"Butuh persiapan lebih lama, nggak sak-sak e (tidak asal-asalan)," sambungnya.

Lilik menampik jika lamanya waktu penetapan Mangkunegara X ini disebabkan karena banyaknya calon. Seperti diketahui setidaknya ada tiga kandidat kuat yang berpotensi menjadi Pengageng Pura Mangkunegaran baru, yakni GPH Paundrakarna Jiwa Suryanegara, GPH Bhre Cakrahutomo Wirasudjiwo, dan KRMH Roy Rahajasa.

"Nggak, mereka semua sudah sepaham kita menganut adat," ucapnya.

Lilik menambahkan pembahasan soal suksesi Mangkunegara X hanya akan diikuti keluarga inti dan saudara Mangkunegara IX.

"Keluarga inti dan saudara MN IX. Keluarga inti, adik kakak semua saudara kandung turunan MN VIII. Untuk saat ini yang memimpin Mangkunegaran Gusti Putri berjalan dengan sistem, tidak ada kekosongan," pungkasnya.

(ams/sip)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT