PPKM Level 3 Nataru Batal, Walkot Semarang Ingatkan Tetap Ada Pembatasan

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Rabu, 08 Des 2021 21:27 WIB
PPKM Jawa Bali Diperpanjang Sampai 13 Desember, Ini Daftar Level Terbaru
Ilustrasi PPKM (Foto: Edi Wahyono/detikcom)
Semarang -

Pelaksanaan PPKM level 3 di masa Natal dan Tahun Baru 2022 (Nataru) dibatalkan pemerintah pusat. Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengingatkan masih ada PPKM level 1 di wilayahnya yang diterapkan dan masyarakat tetap harus menjaga protokol kesehatan.

Hendrar atau yang akrab disapa Hendi itu mengatakan pada prinsipnya pemerintah daerah mengikuti aturan dari pemerintah pusat. Jika PPKM level 3 dibatalkan maka daerah mengikuti. Namun tetap akan ada pembatasan-pembatasan yang dilakukan.

"Jadi saat pemerintah pusat menerapkan PPKM level 3 atau tidak, buat kita tinggal melaksanakan saja. Karena pasti mereka sudah punya pertimbangan panjang dan manfaat. Termasuk ini ditunda PPKM level 3 kita siap melaksanakan termasuk skenario pembatasan-pembatasan kegiatannya," kata Hendi kepada wartawan lewat sambungan telepon, Rabu (8/12/2021).

Ia menjelaskan saat ini Kota Semarang masih menjalankan PPKM level 1, maka aturan yang ada dilaksanakan. Bisa jadi mendekati Natal dan Tahun Baru 2022 akan ada aturan pengetatan lagi untuk antisipasi penyebaran COVID-19.

"Kalau sekarang kan masih di PPKM level 1, dibatasi tapi lebih longgar, mungkin nanti antara 24-31 Desember kita agak perketat sedikit. Tapi tentu saja masih dalam konteks mengurangi penularan COVID, tidak sampai harus menutup semua, bolehlah berkegiatan," jelasnya.

Untuk diketahui, pemerintah melakukan pembatalan PPKM level 3 selama libur Natal dan Tahun Baru 2022 (Nataru). Keputusan tersebut disampaikan oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi dalam keterangan tertulis, Senin (6/12) lalu.

Simak Video: PPKM Level 3 Batal, Polda Metro Siapkan Aturan Malam Tahun Baru

[Gambas:Video 20detik]



(alg/rih)